Dear milis BT
Upacara penggalian kerangka leluhur saya sdh dilaksanakan.
Saya coba menceritakan sekilas urutan yang sdh kami lakukan:

   - Persiapan
      1. Setelah disepakati oleh anggota keluarga maka kita cari hari baik
      untuk menggali kubur
      2. Hubungi ke yayasan kematian untuk pesan peti dan atur tgl kremasi
      3. minta ijin ke pengelola pemakaman
   - Pelaksanaan
      1. Sembahyang pemberitahuan dan mohon ijin (leluhur dan Ho tek Ceng
      Sin)
      2. Menggali kubur (oleh yayasan)
      3. Mengangkat kerangka
      4. Di cuci dan dimasukkan ke peti (urut dari kaki ke kepala),
      5. Dimasukkan kertas uang ke masing-masing peti
      6. Nisan di pecah demikian juga patung2nya
      7. Peti dibawa ke krematorium -- kremasi
      8. Abu dimasukkan ke guci
      9. Tabur ke laut

Kira-kira  begitu sharing yang bisa saya berikan, semoga sedikit menambah
wawasan. Saya yakin belum sempurna yang kami lakukan, tapi itulah usaha
paling optimal yang dapat kami kerjakan untuk lelhur kami
Sekali lagi terimakasih kami ucapkan kepada rekan milis BT yang sdh membantu
memberikan masukkan kepada kami

Rgds

Pada tanggal 01/11/08, ulysee_me2 <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

> Koh David, kalau tidak keberatan nanti kalau acaranya sudah selesai,
> dituliskan sedetailnya ke milis ini ya, khan lumayan kita kita dapet
> masukan baru soal tradisi yang dilakukan. Siapa tahu besok-besok
> butuh gitchu lhoohhh. Thanks sebelumnya.
>
> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com <budaya_tionghua%40yahoogroups.com>,

> diperpanjang lagi
> harus melalui
> kemungkinan
> [...]