Yang tidak sopan santun itu siapa ya ?

Apakah kalau mau berdiskusi japri, main tembak langsung saja tanpa permisi dan
tanpa memperkenalkan diri itu namanya sopan ?

________________________________
From: satya dhamma Lie <[EMAIL PROTECTED]>
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, December 10, 2008 12:00:34 PM
Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: Diskusi Tentang Fa Lun Gong

Dalam sebuah forum diskusi, yang harus dijaga dan dipertahankan adalah sopan
santun dan akal sehat. Apalagi dalam sebuah forum yang membawa embel-embel
budaya. Jadi seharusnya orang-orang yang telibat dalam forum diskusi tersebut
harus orang yang berbudaya, terpelajar dan berakal sehat. Dengan demikian jika
tidak ada sesuatu yang ingin disampaikan, dikomentari, lebih baik tutup mulut
rapat-rapat. Agar ketidak mampuan analitis dan argumen yang kritis, tidak
sampai terungkap kepermukaan dan hanya jadi bahan tertawaan rekan-rekan yang
ingin berdiskusi secara serius.

Saya lihat dari hari ke hari diskusi tentang Falun Gong ini menjadi semakin
kurang menarik dan bermutu. Sebuah topik, bukannya dianalisa dan ditanggapi
dengan penalaran yang mendalam, malah salah dipahami dan menjurus pada
pembahasan omong-kosong yang tak memiliki dasar. Misalnya menuduh ajaran orang
lain sesat dan sebagainya. Dari mana ia tahu Falun Gong sebagai ajaran sesat?
Apakah ia pernah mengadakan penelitian dan perbandingan?

Ariana Valensia