From: Cao Mei <caomei1...@gmail.com>
Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: Pernikahan dengan marga yang sama
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Date: Tuesday, December 23, 2008, 11:00 AM

Pernikahan antar marga Tjan (Zeng) jarang terjadi; karena sesuai dengan asul
usulnya, marga Tjan berasal murni dari 1 keluarga.Dan garis keturunan ini
diklaim paling murni dibandingkan marga-marga lainnya. Sehingga ada istilah
"天下一曾无二曾" Dikolong langit hanya satu marga Zeng (Tjan), tidak ada dua Zeng
(Tjan). Dengan demikian semua anggota marga Tjan (Zeng) adalah satu keluarga,
dekat maupun jauh.

Namun tentunya dunia sudah berkembang; manusia bertambah banyak; anggota marga
Tjan pun sudah berkembang dan bertambah banyak dan menyebar kemana-mana.  Maka
tidak terhindarkan ada pernikahan diantara sesama marga Tjan, seperti Sdr.Peter
Winarto. Demikian halnya dengan kakak sepupu saya, yg juga marga Tjan, menikah
dengan sesama marga Tjan.

Sebagai informasi bagi yang mau mendalami asal usul dan seluk beluk marga Tjan
(Zeng), bisa dilihat di http://www.zengshi. net/
Untuk yang berbahasa Inggris bisa dilihat di http://www.regenera ting-universe.
org/Chain_ of_DNA.htm

Salam,