________________________________
Dari: Anton Widjaja <pempe...@yahoo.com>
Kepada: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Terkirim: Senin, 22 Desember, 2008 15:31:24
Topik: [budaya_tionghua] Pernikahan dengan marga yang sama

Mohon informasi bagaimana pendangan dalam budaya Tionghoa tentang
pernikahan dengan orang yang memiliki bama marga yang sama.

Kondisi penamaan (ganti nama, beda dialek) dan ikatan keluarga yang
semakin longgar di Indonesia menyebabkan banyak orang tidak tahu asal
usul keluarganya sehingga sering kali saya jumpai orang yang se marga
bisa berpacaran.

Bahkan beberapa tahun ada satu orang berpacaran dengan yang satu marga
tapi tidak ada hubungan keluarga, sudah siap menikah akhirnya bubar
(bukan karena urusan marga), sudah itu dia pacaran dengan seseorang
yang kalau duurutkan ternyata masih keturunan sepupu kakeknya.

Baru siang ini saya mencurigai seseorang berpacaran dengan orang yang
satu marga tetapi karena dialek yang berbeda jadi tidak saling tahu.
Katakan CHOY dengan TSAI. Apalagi mereka sudah mengunakan nama
Indonesia.

Lalu batas silsilah sampai berapa tingkat yang diijinkan dapat menikah
?

Salam,
Anton W

      Terhubung langsung dengan banyak teman di blog dan situs pribadi Anda?
Buat Pingbox terbaru Anda sekarang! http://id.messenger.yahoo.com/pingbox/

Kirim email ke