Dalam hal ini orang tua memang ada perannya. Mengenai peran itu salah
atau benar tidaklah penting. Namun kita juga harus menempatkan diri di
posisi orang tua. Apakah mereka diajari, belajar, terpelajar mengenai
budaya dan tradisi ? Saya bisa jawab mayoritas tidak. Termasuk orang
tua saya sendiri sama sekali tidak mengerti.

Di masyarakat tionghua sejak dulu mereka-mereka yang mengerti tradisi,
kepercayaan, ajaran budi pekerti dan segala macam budaya tradisi
adalah mereka yang masuk golongan Shi, kaum terpelajar dan para
sarjana. Para kaum Shi ini banyak yang dari kalangan tuan tanah dan
orang berharta. Masyarakat kelas lainnya yaitu pengrajin-buruh-pekerja
(Gong), petani-nelayan (Nong), pedagang (Shang) kebanyakan tidak
mengecap pendidikan dan hanya menerapkan sedikit-sedikit budaya
pragmatis yang diturunkan dari budaya "tinggi".

Hal ini juga terbawa sampai ke nusantara. Apalagi kaum perantau yang
rata-rata memang bertujuan mencari kehidupan yang lebih baik adalah
kaum gong, nong, shang. Mulai abad ke 20 pendidikan boleh dibilang
merata, namun kemudian di tahun setelah masa yang sensitif dibahas
pendidikan budaya hilang. Wajar saja kalau generasi selanjutnya sangat
banyak yang tidak lagi mengerti budaya dan tradisi.

Coba anda bahas ini dengan orang tua, lihat mereka jengkel tidak.

養不教﹐ 父之過

yang bu jiao, fu zhi guo
membesarkan anak tanda mendidiknya, adalah kesalahan orang tua

Bisa-bisa dibilang anak tidak berbakti. Padahal ujaran yang bu jiao,
fu zhi guo adalah bahan pelajaran dasar bagi anak-anak sejak jaman
Song. Kalau di "ajaran budi pekerti" sih kayaknya tidak ada tuh yang
demikian.

Hormat saya,

Yongde

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Ning M. Widjaja" <nmw...@...>
wrote:

> Ini memang sebuah fenomena yg umum, yah ada salahnya dari para orang tua
> ygan kurang perdulu dengan perkembangan sosial budaya anak-anak mereka
> dengan tidak memberikan pengertian yang benar tetang tradisi,
kepercayaan
> dan cara pandang dan sistim kekeluargaan yang berlaku dikalangan kita
> sendiri.
>
> Begitu anak agak besar dan banyak pertanyaan yang tidak terjawab dari
> lingkungan keluarga, tentunya dia akan mencari keluar.
>
> Diluar banyak sekali "dijual" dan "diiklankan" ajaran-ajaran "baru"
dengan
> [...]

Kirim email ke