mrk yg berani hidup pasti berani mati huehehehehehehehe
tapi org yg berani mati belon tentu berani hidup.

noh contohne yg pada bunuh diri gara2 stress , himpitan ekonomi dsbnya.

so yg bener kalu kata owe seh beranilah hidup maka engkau tdk takut
akan mati.
wong hidup kadang lebih menakutkan dari mati makanya pada bunuh diri.

hehehehehehe but di budaya tionghoa jg ada trend bunuh diri lho.
apelage kalu kalah perang , melakukan hal2 yg memalukan dsbnya.
but itu apa stress ?

contoh Kwan Kong yg dipenggel padahal ditawarin pilihan, nyerah tapi
lu idup or lu mati. Doi pilih mati, ape die takut idup or berani mati ?

ayo ada yg mo bahas hal ini ? or as usual yg kayak gini gak laku, yg
laku itu kristen vs tionghoa, falungong vs pkc, cina vs
tionghoa,buddhisme murni vs buddhisme tercemar, integrasi vs asimilasi
or ada yg mo tambahin lagi versus ape lage yg ngetrend ?

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Tantono Subagyo <tant...@...>
wrote:

> [...]
> akhir / asal muasal dan tempat berakhir mahluk yang disebut dengan
"sangkan
> paraning dumadi".  Ya saya lebih sreg dengan keseimbangan siap untuk
hidup
> dan tidak takut akan kematian.  Semangat kehidupan seperti ini yang
mungkin
> memberikan semangat kepada Bapak Nin King Hian Guru Les Tunanetra
yang saya
> lihat di Kick Andy beberapa hari lalu.  Saya masih berusaha mau beli
> rekamannya baik untuk mengajar anak cucu en murid.  Sojah en banyak

<budaya_tionghua%40yahoogroups.com>,

<budaya_tionghua@yahoogroups.com<budaya_tionghua%40yahoogroups.com>

> --
> Best regards, Tantono Subagyo