setau aye Qin Shihuang gak mulai membangun tapi menyatukan tembok2
lainnya yg sdh dibangun sebelonnya.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, ANDREAS MIHARDJA
<mihar...@...> wrote:

> Bangsa utara China dari padang rumput yg pindah kebarat terjadi dlm
bbp fase.
> Bangsa Hun  itulah yg kita pelajari dari sejarah Europa barat
bertransmigrasi dlm abad ke 4 sampai 6 CE
> Bangsa Siung Nu - empirenya berkambang sewaktu jaman Han 200 BCE
jadi beda 600 thn.  Sewaktu itu Han WuTie kirim Zhang Xian ke Barat
melalui daerah Siong Nu utk mencari bahan utk bikin steel utk golok yg
katanya berada didalam tangan suku² diBarat di daerah Persia. Dia
berhasil mencapai negara ini dan membawa rahasia bikin senjata setelah
puluhan tahun kemudian dan setelah diperbudak di kerajaan SiungNu dan
kawin dgn wanita disana. Ini terjadi kira² 125 BCE.
> Empire Siung Nu musnah dan diganti dgn Empire Yuan Yuan Khaganate
ini jaman Wei diChina kira² 300 CE  - Goguryeo di Tungpei  dan di
South China ada Qi Dynasty.
> Ini Yuan Yuan khaganate diganti oleh Goturk Khaganate yg berkuasa
sampai kedaerah Ukraine dan mulainya diTung Pei ini memang terjadi dlm
abad ke 5 CE  dan ini didalam sejarah barat jaman ini disebut invasian
oleh suku Hun dgn Attilla  Empire suku Hun ini mamang menurut sejarah
letaknya dari pegunungan Ural sampai ke Germany.
> Kalau orang Russia bicarakan  suku Tartar yg masuk negara mereka -
ini terjadi jaman Gengis Khan jadi bbp ratus tahun kemudian.

> Kalau menurut saya, saya kira suku nomad dari padang rumput ini
kalah perang melawan Yuan-yuan empire [ Nirun Khaganate] dan mereka
kabur keBarat jadi jauh sebelum Goturk dan menghadapi suku² Europah yg
kurang cepat. Lagi jaman ini mereka bow and arrow mereka jauh lebih
efficient dari yg di Europa yg masih pakai teknik romawi. Europa utara
juga belum berkembang dan masih barbarian. Jadi persenjata-an tidak
efficient

> Kalau dilihat dari daerah empire Hun territory mereka kurang lebih
meliputi suku slavic dari Europa - dari Poland, Slowakia, Romania
Russia, Ukraine Belarussia dan penduduk dari Caucasus - Armenia,
Georgan etc. Kalau menurut saya sub race slavic dari Europa harus
punya gen dari padang rumput dari Asia - north China.
> Mungkin sekali suku Magyar yg dulunya asal dari daerah Mongolia
turut bertransmigrasi ke Barat dan menetap di daerah padang rumput
dari Ungarn [Hungary] Ini diconfirm dgn gen-testing. Mungkin juga suku
Hun adalah suku magyar dari Mongolia jama Nirun Khaganate.

> Jaman dulu  penduduk dari Finland juga dianggap asal dari suku Hun
tetapi dgn pengetahuan gen [DNA] klassifikasi  National Geographic
Genographic Project mereka memang  >50% punya Siberian = penduduk
padang rumput Siberia, gen sama dgn penduduk dari Estonia, Latvia
Lithuanian tetapi gen ini datangnya 2000 BCE  - jadi bukan dgn suku Hun.

> Mengenai Qin ShiHuang yg berada kira² 220 BCE Memang yg hidup
diutara adalah Siung Nu Empire disebelah barat tetapi suku² Korea
disebelah timur - Jadi bukan termasuk Siung Nu empire tetapi termasuk
preGoguryeo empire dari Korea.
> Greatwall dibangun diperbatasan kedua negara ini. Greatwall memang
dimulai oleh Qin ShiHuang tetapi diselesaikan oleh Ming emperors -
jadi dgn lain perkataan  memang greatwall sampai ke Sinkiang tetapi
bukan utk menjaga bangsa Siung Nu tetapi Khaganate yg menyusul  -
Nirun, GoTurk dan Uyrgur Khaganate.
> Waktu jaman Tang suku Siung Nu juga sudah tidak ada dan sudah
dibaur oleh suku² lain. Sewaktu Tang dynasty perang melawan Goturk
Khaganate [ cerita Si JinKwie teng see - perang barat- dgn Shi TengSan
san Hoan Leehua]  Tang empire mengambil alih bagian timur dari Goturk
empire. Waktu itu greatwall dibagian Barat China belum ada. Ini adalah
630 CE.

> Memang jikalau tidak mempelajari sejarah daerah ini seolah² kejadian
terjadi dlm waktu yg berdekatan - tetapi silahkan perhatikan
timelinenya dan kalian akan mengerti apa yg betul dan apa yg salah
perhitungan.Perbedaannya bisa ratusan tahun jadi menurut saya
perubahan pikiran diperlukan utk mengerti sejarah

> Andreas

Peninsula - yg mengambil alih Heilungchiang adalah suku Yurchen dan yg
mendirikan Jin Dynasty yg sebetulnya merupakan leluhur dari Qing
dynasty. Jin dynasti berkembang sampai diambil alih oleh Yuan.
Sewaktu jaman Sung dan Jin dynasti - disebelah timurnya berada Uyrghur
Khaganate yg menguasai daerah Khitan, Mongol, Yakut, sampai sekarang
Uzbekistan yg didalam sejarah China sering disebut Siung Nu  Waktu itu
suku Tartar, Magyar belum diusir kearah barat dan belum pindah ke
Ukraine dan Hungary.

> Dada :
> Tiongkok memperpanjang greatwall dari apa yang sudah di bangun
sebelumnya , untuk membendung bangsa hsiungnu (bangsa hun) ini. bangsa
ini kemudian menatap ke barat. bangsa Hun ini lantas kokoh di daerah
(sekarang Hungary) , kata Hungary juga berasal dari Hun. di abad ke 5
, atilla muncul dan membawa bangsa ini sebagai kekuatan yang sangat
mengerikan,membenta ng dari bbrp teritorial tiongkok , russia , hingga
eropa ,  salah satu penyebab kejatuhan Roma , dan dark ages di Eropa
selama ribuan tahun.  Hal ini terjadi jauh sebelum era dinasti Sung.

> Robby W
> .

Kirim email ke