Bung ABS dan TTm semuah,

Hai, apakabar? Sudah makan?

Hehehe..... saya yakin dugaan anda ttg moderator yang "mencekal" posting anda
tidak benar dan sama sekali tidak berdasar. Melihat reputasi posting anda yang
kritis dan selalu straight to the point, rasanya tidak ada alasan bagi mods
untuk mencekal posting anda.

Dugaan saya, kelambatan itu semata masalah teknis internal yahoo. Sampai saat
ini yahoo group yang kita lihat via website-nya, masih belum beres juga.
Kayaknya sudah 3-4 bulan ini fungsi search pada yahoo groups tidak berjalan
dengan normal.

Saya juga mengalami hal yang sama, posting saya agak terlambat muncul di milis.
Baik di milis sini maupun di 2-3 milis lain. Bahkan kadang saya merasa posting
saya itu tidak termuat, sehingga saya kadang menekan tombol 'send' 2-3 kali,
dan akhirnya posting saya yang sama itu bisa muncul 2-3 kali. Pernah bahkan
sampai lewat 8 jam, muncul lagi posting yang sama, yang saya kirim justru
sebelumnya.

Begitu saja saya kira.

Salam makan enak dan sehat,
Ophoeng
BSD City, Tangerang Selatan

PS: Menurut kalender pada kompi saya, posting anda di bawah ini muncul pada
pukul 04:41 - agak ambat, memang.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Akhmad Bukhari Saleh" <absa...@...>
wrote:

Kalau seseorang posting ke milis yahoogroups, termasuk milis budaya tionghoa
ini, rata-rata diperlukan waktu antara 2 sampai 4 menit sejak posting itu
dikirimsampai posting itu muncul termuat di milis.

Tetapi posting saya memerlukan waktu jauh, jauh lebih lama. Rata-rata 5,5 jam
sejak saya mengirim posting ke milis budaya tionghoa ini, sampai posting saya
itu muncul di milis ini.
Kira-kira mengapa ya hal itu terjadi?

Tetapi hal yang sama, kelambatan waktu posting sampai 5,5 jam ini, tidak
terjadi kalau saya posting ke semua milis-milis yahoogroups yang lain yang saya
juga member-nya. Ada sekitar 30 milis-milis itu.
Kira-kira mengapa ya?

Salahsatu kemungkinan adalah saya masuk 'daftar cekal' moderator milis ini. Dan
karena moderator semua sibuk, seperti kata moderator Yongde sianseng, maka
posting saya itu harus menunggu berjam-jam sebelum ada moderator yang punya
waktu untuk sempat memoderasi saya, dan lalu mengijinkan munculnya posting saya.

Perkiraan seperti ini yang sementara ini kelihatannya paling masuk akal, kalau
dilihat circumstances-nya.
Namun demikian, saya masih tidak percaya akan kebenarannya...

Wasalam.
PS: Posting ini dikirim tanggal 17 Mei 2009 jam 03:40.
       Coba kita lihat, jam berapa nanti mnculnya di milis...

Kirim email ke