Saya ingin memberikan sedikit penerangan penghidupan agar kalian tidak
dikelabuhi oleh propaganda dari siapapun juga.

Memang utk yg tidak mengetahui ilmu physic secara mendalam ilmu yg dibawa oleh
kedua scientist kelihatannya memang istimewa - tetapi ini adalah hampir 50 thn
yl. Ilmu pengetahuan physic sejak wktu itu sudah berkembang jauh lebih pesat
dan PRC meskipun mendapat kedua ahli tsb didalam ilmu ini tetap tertinggal
bertahun² karena politik Mao.

Ilmu pengetahuan jaman sekarang tidak tergantung dari satu orang tetapi dari
team scientist.  Memang mereka membawa brain ketempat kelahiran mereka tetapi
mereka tidak membawa team kerja mereka. Pengetahuan yg dibawa memang bagus utk
waktu itu tetapi sekarang sudah out of date karena tidak dpt diperkembang.

Kalian sebetulnya berdasarkan propaganda hanya melihat ini 2 ahli yg kembali
kePRC - ketempat KELAHIRAN mereka.  Sewaktu PRC merecruite ahli² diEuropa dan
di USA  mereka mendapatkan ratusan dan mungkin ribuan yg kelahiran China atau
bukan kelahiran China tetapi berdarah chinese.
Hanya ini dua yg dpt bantuan pemerintah demi propaganda negara yg dpt hidup
senang tetapi yg kalian tidak lihat berapa yg keluar kembali yg mengalami
kesulitan utk survive. Mao menganggap scientist adalah golongan burgoisie dan
jaman redguard diChina  mereka diganyang.

Jaman sekarang banyak kenalan saya dan dari anak² saya, dari PRC yg
berpendidikan cukup tinggi dan yg ingin mencapai PhD dan post PhD level,
beremigrasi ke USA dan keEU -  Mereka tidak ingin kembali kePRC jikalau dpt
berakar diUSA atau diEU. Kemungkinan utk memperkembang ilmu mereka diPRC masih
minimal. Infrastructure utk melakukan research jaman modern tidak ada. Suatu
hal yg positive para calon ahli dari PRC jaman sekarang semangat bekerja jauh
lebih bagus dari mereka yg asal Taiwan. Sejak pres. Chen boleh dikata
keadaannya melempem. Kenalan saya dari Universitas diTaiwan malah berkata
Taiwan under Pres. Chen has no fighting spirit.

Semua story mengenai Qian XueSen   dikenal, karena dia di-usir oleh US dgn
tuduhan sebagai communist. Memang dia keluaran MIT dan Caltech dgn pengetahuan
rahasia US merupakan harta karun utk Mao.
Yang ZhenNing ahli yg dapat nobelprice  juga kelahiran China kembali ke China
tetapi Lee TsungDao yg juga kelahiran China menetap diUS.- kalian tidak dengar
atau bicarakan mengenai Lee. Pengetahuannya Yang tidak berkembang sedangkan
dari Lee masih tetap maju dan up to date.

DiUSA banyak sekali ahli² scientist keturunan chinese yg mempunyai posisi
terhormat didalam ilmu pengetahuan dunia dan yg masih tetap akrive dlm ilmu
mereka. Mereka banyak yg mendapat undangan utk bekerja diseluruh dunia - tetapi
sampai kini tidak ada yg ingin melakukan research diPRC.  Yg kembali ke Taida
di Taipei jauh lebih banyak dari yg kembali ke Beida.dari Beijing. Jikalau kita
pergi keconventie ilmu pengetahuan diUSA boleh dikata 20% adalah ket. Chinese
dan dari pembicaraan dgn mereka [harus memakai mandarin] kita akan mengetahui
climate penghidupan academici diseluruh dunia.

Harap kalian jangan terlalu dipengaruhi propaganda

Andreas