Tentu saja pengetahuan maju pesat sebab PRC waktu itu tidak ada pengetahuan
apa² jadi any new science is a development. But that is it - science PRC masih
tertinggal >30 thn dibandingkan dgn US. Ahli² diPRC masih didalam phase
mengkopy dan belum sampai phase designing apalagi didalam phase penemuan baru
belum terlihat.
Berdasarkan pengalaman yg saya dengar kerajinan para ahli di China utk mengkopi
blueprint product sekarang jauh lebih rapih dan superior dari Taiwan atau
So-Korea dan Singapore. Berdasarkan pengetahuan ini banyak perusahan foundary
dibangun diPRC dan tidak dibangun diThaliand atau Taiwan lagi. Taiwan , Jepang
dan So Korea phase developmentnya sudah mencapai design dan karena itu phase
foundarynya sudah tidak penting lagi.

Berdasarkan phase perkembangan ini maka PRC belum mencapai phase dimana mereka
dpt menampung advanced educated scientist dari USA.  Juga middle level
scientist saya yg sudah mencapai PhD level sulit ditampung. Yg masih bisa
ditampung adalah Bsc/Msc keluaran US universities.

Kapital memang mengalir kembali dari luar dan terutama dari Taiwan HK dan
Canada - tetapi ini juga berdasarkan politic Chairman Deng yg mengundang
kembali Shanghai boss utk membantu membangun PRC. Setelah mereka mendapat
persetujuan, baru kapital  dari Hoachiao yg dulu turut Pres. Chiang pindah
keluar bisa mengalir kembali. Investor yg paling besar adalah dari Taiwan yg
berada ditangan ex mainlander.[Wei-sen] Juga yg berada diCanada yg dikuasai
oleh Big Boss yg tinggal diHK kembali. Utk non chinese ini seolah² PRC
dibanjiri yg HaiGui.  ---  perhatikan investor keTaiwan menurun.
Kapital yg kembali dgn management knowhow dari luar dibantu dgn kapital
pemerintah yg menciptakan starter motor perkembangan didalam PRC sekarang.

Andreas