Mingky Lie, sebelonnya saya mewakili teman2 moderator turut berduka cita atas
meninggalnya ibunda anda.

Pada prinsipnya , suasana berkabung orang tionghoa itu berlaku selama 3 tahun
atau yg kita sebut da xiang.

Festival atau kegiatan yg bersifat menghibur/permainan dan makan enak tentunya
mengganggu suasana duka dan itu akan menyebabkan kita tidak "menghargai" ortu
kita yg meninggal , sehingga kita tidak berbakti dan menunjukkan rasa hormat
kita dan rasa kehilangan kita. Jaman dahulu malah mereka yg berduka cita itu
selama 3 tahun tidak makan yg enak2 utk menunjukkan rasa kehilangan mereka dan
bahkan ada yg sampai extreme itu adalah tinggal disebelah kuburan org tuanya
selama 3 tahun.

Jadi tidak aneh dalam bbrp festival org tionghoa, mereka yg masih dalam suasana
duka cita tidak boleh menikmati makanan enak2 dan berhura2. Fesvital Pekcun,
Tiongciu , Qixi, gugu, capgome harus dilalui dengan perasaan prihatin dan
suasana duka cita.

Dibbrp tempat di Tiongkok, pada saat imlek, keluarga yg kehilangan itu pada
tahun pertama tidak memasang syair /dui lian, tahun ke 2 dan tahun ketiga
menggunakan warna biru dan kuning sebagai tanda duka cita mereka.

Selain itu jg, fungsi lainnya adalah memberitahu/tanda kpd kerabat kita bahwa
keluarga kita ada yg meninggal dan kita masih dalam suasana duka cita.

Dalam prakteknya, untuk memperkuat perasaan suasana dukacita itu, ditambah bbrp
hal yg lebih bersifat simbolik seperti yg ditulis oleh rekan kita lainnya.