Hungry ghost festival memang oleh agama Budha dan agama Dao dianggap sebagai
mereka punya - tetapi silahkan perhatikan. Untuk mereka yg beragama budha bulan
tujuh tgl 15 adalah waktunya  utk mereka yg menjadi murid budha utk
menyelsaikan meditasi mereka dan karena itu hari ini adalah hari gembira. Utk
murid budha makanan berjiwa dilarang. Tetapi hungry ghost festival makanan dari
yg berjiwa banyak. Memang jaman Tang ada dongeng mengenai seorang arhat yg
ibunya menjadi hungry ghost - dia harus membebaskan ibunya dgn donasi kepada
sekian banyak bikshu² dan achirnya ibunya menjadi manusia kembali. Harinya
bulan 7 tgl 15. ---- tetapi ingat ini jaman Tang.

Untuk agama Dao pada hari ini pintu neraka dibuka dan mereka yg dihukum disana
diberikan ketika utk keluar kedunia manusia kembali dan mencari makanan. Untuk
mereka yg punya keluarga persoalan ini ditampung oleh keluarga didalam
kelenteng leluhur- tetapi utk mereka yg tidak ada keluarga biasanya mereka
melakukan "kerusakan"  Karena itu di kelenteng pada hari ini dilakukan upacara
sembayang yg besar dgn memberikan berkat kepada keluarga² setempat yg hidup
kekurangan, Arwah yg tidak ada keluarga diberikan makan yg waktu itu didonatie
oleh masyarakat setempat, dlm rupa kain, beras, minyak , daging etc. Dgn
tradisi ini maka menurut kepercayaan para setan yg gentayangan itu tidak akan
merusak - dan didalam hal ini panen. Perayaan ini menurut catatan sejarah sudah
dirayakan secara tradisi jaman Xia dynasty.

Ini tradisi seperti saya sudah tulis adalah decorationnya dari tradisi ini -
basicnya adalah menjaga panen dan membantu yg sudah kekurangan makanan. Tetapi
kalau tidak percaya tidak apa. Terserah setiap individue bebas mempunyai
pendapatnya - sebab tradisi folklore ini sudah demikian lamanya sehingga setiap
bangsa ada dongengnya masing²

Andreas

Ini tradisi sudah diketemukan sebelum jaman Tang [waktu agama budha masuk
keempire]