gak usah jg 18 taon, liat tongshu aje dah, tiap taon arah bagus berobah terus
menerus hehehehehehehehhe.

Sebenernya artinya itu gak ada yg mutlak pasti dalam dunia ini. Secanggih
apapun ahli fengshui, tetep kebobolan.
Konon jg nurut cerita itu ibusuri Cixi panggil tukang fengshui yg tercanggih
seantero daratan buat nata fengshui dinasti Qing yg mulai dudul duwel. Mana
bisa ditahan lage kejatuhan dinasti Qing? Wong kalu tukang fengshuinya mati2an
mempertahankan satu dinasti tapi ternyata org2 di dinasti itu KORUP en BEJAT
luar biasa, apa itu tukang fengshui gak bikin nambah dosa ? Kalu berani ya
nasehatin dong huehehehehehe.
Belakang istana itu dibangun satu bukit dgn 5 dhyani Buddha sebagai protektor
tuh. Tetep aja khan abis2an, malah dijarah.

Terus jg itu istana terlarang yg dibangun ama Zhudi, katanya berasakan fengshui
yg paling jempolan, trus itu bokapnya Zhudi tanya ama Liu Bowen, berapa taon
bertahan ? Liu kasih tau sampai puluh ribu tahun bertahan nanti akan runtuh.
Lha sejak jaman Wan Li 萬曆 khan dinasti Ming perlahan mulai runtuh. Kalu
kita pikir pake logika, apa ada ahli QMDJ yg bisa meramalkan seperti Liu Bowen
itu ? Btw, ada bisik2 katanya 2012 itu dunia kiamat, tukang bazhi jg ngomong
getu. Walah kena issue apa neh ? Ya kalu kita pikir emang sekarang ini ada yg
disebut periode pancaran 5 warna berdasarkan pergerakan ranting bumi/dizhi.
Tapi itu jg dari Taoisme yg diadopsi ama Tiandao/Yiguan Dao. Kalu gak salah
ingat, satu pergerakan ranting itu 18rebu taon. Ya masih jauhlar
huehehehehehehehe

Disini kita bisa melihat bahwa fengshui bukan suatu ilmu yg paling jempolan, ia
hanya merupakan salah satu dari 5 cabang ilmu Taoisme.
Nah mrk katnya yg belajar 5 cabang ilmu itu mesti belajar dulu yg disebut Xuan
Dian 玄典 alias kitab2 filsafatnya yg dah ngejelimet, jg belajar moralitasnya.
Makanya urutan nomor 1 itu xuandian, bukan Xiang/bentuk, Ming/hitungan atau
laennya.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, zho...@... wrote:

> Masih ada satu pepatah lagi tuh Lao Xiong:
> Fengshui 18 nian lunliu zhuan!
> Fengshui itu setelah 18 tahun bergantian berputar.
> Jadi yg dulu bagus, setelah 18 tahun menjadi jelek. Maka setiap 18 tahun
> rumah harus dirombak total, bahkan lokasinya yg dulu bagus sekarang jelek,
> harus pindah rumah!
> Kalau gini tukang fengshui kan jadi laris, juga para pemborong, terus para
> calo rumah. Yg pusing tetep orang yg uangnya pas2an!
>

> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Kirim email ke