Jaman gue masih kecil, gue selalu nunggu-nunggu hari Tong Cu Piah.
sebab gue suka banget sama kue istimewa berbentuk bulan purnama itu, yang
dibeli Oma setiap perayaan Pwee Gwee Cap Go. Tanggal 15 bulan delapan kalender
Imlek.

Di rumah gue dulu "piara"  Kwan Im, jadi pada hari itu akan menyediakan sebuah
kue bulan yang istimewa, kue pia isi durian, atau cempedak, atau thangkwee,
yang luarnya legit, dalamnya manis luar biasa.

Setelah sembayang, kue bulan boleh dipotong, biasanya kita makan kue bulan
setelah makan malam, sambil duduk duduk di teras depan, nungguin bulan, lalu
Oma gue akan bercerita tentang dewi Chang-Oh yang terbang ke bulan ditemani
kelincinya. Tiap tahun kisahnya agak sedikit berubah, tapi garis besarnya
kurang lebih sama, tentang putri cantik yang jadi dewi penunggu bulan.
Sementara Papi akan bercerita tentang surat ajakan perang yang di umpetin di
dalam kue bulan untuk ngibulin tentara mongol.

Taon ini, selewat lebaran Engkong udah ribut mau sembayang Zhong-jiu jadi harus
beli kue piah. Sebagai cucu yang baik, lagian tiap berangkt gawe bakalan lewat
Glodok, gue menawarkan diri untuk beliin piah. Itung itung berbakti deh sama
Engkong. Tapi yang dibeli apa ya Kong?

Engkong pun berpesan, beli satu susun tong cu piah yang 'halal' untuk sembayang
Kwan Im, jangan salah ya, piah yang untuk dewi kwan im ini yang bulet kayak
purnama, jangan yang persegi dicetak berukir ukir itu. Paling enak yang merknya
Sin Hap Hoat.

Sedangkan untuk Kwan Kong, boleh lah sediakan piah yang berminyak dan pakai isi
telur itu, itu juga beli dua biji. Kata Engkong yang enak tuh merk Wang Lai,
tapi jangan yang buatan Malaysia, enakan yang buatan Medan.

Jadilah gue keliling Glodok belanja buat Engkong sembayangan. Sambil tidak lupa
beli buat diri sendiri juga donk. Nggak sabar kalau nungguin Engkong selesai
sembayang mah.

So, Happy "Tong Cu Piah" Day everyone.
(sebab buat gue tanggal ini adalah untuk menikmati kue yang yummy, bukan
merayakan pertengahan musim panas apa segala, lha di negeri gue sepanjang tahun
panas kok, hehehehe)