sejarahnya ? panjang, mulai dari kepercayaan purba.

Aspeknya ? pembersihan kota dari segala marabahaya, patroli , perayaan suatu
festival yg berkaitan dgn hari hut or jg suatu festival.

1.pemahaman bahwa para leluhur/dewata menjaga keturunannya
2.pesta lor, rame khan segala jenis org ada termasuk copet jg nangkring
3.purifikasi suatu area dari bencana atau musibah, misalnya toapekong akan
diarak ketika ada wabah, bencana dsbnya atau jg diperkirakan akan ada wabah
atau bencana, atau jg inspeksi wilayah ( yg mana sebenernya itu inspeksi adalah
hak preogratif Cheng Huang sidewa kota huehehehehehehe )

ya getu aje dulu ngkale cukup.

btw Han Tan Kong yg di buku Mely G Tan tentang tionghoa sukabumi itu khan
aslinya pinjem dari kota Bogor. Itu katanya masih nangkring kok ditempat
keluarga pemilik aslinya.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "east_road" <east_r...@...> wrote:

> Daripada membahas sesuatu yang sifatnya saling menghina antar member lebih
> baik diputar haluan dulu dekh.
> Saya lagi butuh infomasi buat penulisan artikel berikutnya, karena bahannya
> kura, so jadi lebih baik kita bahas salah satu tradisi religius pada gotong
> toa pekong, dari segi sejarah kehadiran tradisi, pemahaman, dan serta aspek
> sosialnya.
> Lebih baik bahas yang ada pada hari jumat esok sampai minggu di festival kota
> tua nanti ,termasuk adanya pendewataan semar yang ikut dalam gotong toa
> [...]

Kirim email ke