zaman purba maksudnya jaman banpo gitu
tyus kayak contohnya sekarang kan pake tandu tuh, kalo jaman dulu gotong toa
pekong kayak gimana, tyus kapan pemakaian tandu , adakah asimilasi dari agama
lain ngak dalam prosesi ini?.

Yang setau g dalam budhism tidak mengenal tradisi ini, apa ada pengaruh agama
lain ngak ?

Apa dulunya gotong toa pekong yang duluan itu Dewa Chen huang ?.
Tyus itu termasuk kepercayaan ritual tao atau ritual purba ?

THK
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ardian_c" <ardia...@...> wrote:

> sejarahnya ? panjang, mulai dari kepercayaan purba.
>
> Aspeknya ? pembersihan kota dari segala marabahaya, patroli , perayaan suatu
> festival yg berkaitan dgn hari hut or jg suatu festival.
>
> 1.pemahaman bahwa para leluhur/dewata menjaga keturunannya
> 2.pesta lor, rame khan segala jenis org ada termasuk copet jg nangkring
> 3.purifikasi suatu area dari bencana atau musibah, misalnya toapekong akan
> diarak ketika ada wabah, bencana dsbnya atau jg diperkirakan akan ada wabah
> atau bencana, atau jg inspeksi wilayah ( yg mana sebenernya itu inspeksi
> [...]

Kirim email ke