--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, zho...@... wrote:

> Dlm kenyataan pun sesama tionghoa juga bisa lain visi dan ideologinya,
> makanya timbul berbagai organisasi dan kelompok politik. Jangan berilusi bhw
> kita bisa menyatukan seluruh orang tionghoa.

Prom :
Saya kira sah saja berpendapat (atau berilusi) untuk menyatukan tionghoa (dalam
konteks sebagai masyarakat Indonesia)

Permasalahannya adalah pada apa yang dimaksud dengan "menyatukan" ?

Jika "menyatukan" bermakna orang lain harus sama dengan pikirin kita, atau
semua orang harus berpikiran/berpendapat sama, jelas itu hal yang mustahil.

Tapi, jika makna "menyatukan" adalah mencari sinergi dan titik temu dari
perbedaan pandangan/pemikiran/ideologi/bahasa/dll, dengan melihat kepentingan
yang lebih besar/tinggi, hal tersebut jelas merupakan hal yang sangat mungkin.

Sejarah perjalanan manusia menunjukkan, akan selalu ada titik temu untuk
mempersatukan.

Kirim email ke