----- Original Message -----
From: henyung
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Thursday, October 22, 2009 11:19 PM
Subject: [budaya_tionghua] Re: Nabil Award 2009

> Biasanya antara segolongan elit
> dan awam tidak akan nyambung.
> Informasinya tidak tersampaikan.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Ketidak-hadiran dalam suatu acara sebesar acara Nabil Award ini tentunya bukan
soal nyambung atau tidaknya elit dengan awam.
Bukan pula soal tersampaikan atau tidaknya informasi atau komunikasi.

Soalnya adalah tentu tidak seluruh populasi Indonesia bisa diminta hadir di
acara seperti ini. Tetap perlu ada pembatasan-pembatasan.
Dibatasi hanya orang Tionghoa Indonesia pun masih terlalu banyak. Dan malahan
hanya akan membuat acaranya menjadi eksklusif diskriminatif.

Karena itu, perlu ada seleksi, berdasarkan kriteria-kriteria yang bisa dipilih
yang punya hajat (yang punya acara).
Dan kalau lihat yang hadir kemarin, terasa ada seleksi berdasarkan aspek
keterwakilan (representasi) dalam menentukan siapa yang diminta (diundang)
untuk hadir. Baik keterwakilan dari segi ketionghoaan maupun non-ketionghoaan.

Dan keterwakilan ini saya lihat meliputi berbagai aspek, utamanya aspek
ketionghoaan. Aspek bisnis, politis, akademis, sub-etnis, kekerabatan (dengan
para awardee), dsb.

Maka itu kalau seseorang, katakanlah si "A", tidak diminta hadir, bukan berarti
dia orang awam yang tidak nyambung dengan elit.
Begitu pula kalau seseorang, katakanlah si "A", merasa tidak menerima
permintaan hadir (merasa undangan tidak sampai), bukan berarti ada
ketidak-sampaian informasi atau komunikasi.
Melainkan karena tidak terpenuhinya kriteria representasi oleh si "A" tsb.

Tidak terpenuhinya kriteria representasi, bisa karena si "A" itu bukan mewakili
suatu organisasi, ketionghoaan maupun non-ketionghoaan, sehingga yang dminta
hadir adalah orang lain yang memang mewakili organisasi ybs.

Masalahnya bisa juga karena si "A" itu mewakili suatu organisasi, ketionghoaan
maupun non-ketionghoaan, tetapi organisasi itu tidak termasuk yang dianggap
penting oleh pihak yang mengundang.

Atau tentu masalahnya bisa juga karena jangan-jangan si "A" itu merasa pimpinan
organisasi, ketionghoaan maupun non-ketionghoaan, tetapi organisasi ybs.
sebetulnya memang tidak nyata ada!

Dalam halnya saya sendiri, kebetulan saya diminta hadir karena mewakili
organisasi ketionghoaan yang saya duduk dalam kepemimpinannya.
Kalau bukan karena itu, tentunya saya juga tidak akan ada di sana.

Wasalam.