----- Original Message -----
From: zho...@yahoo.com
To: Akhmad Bukhari Saleh
Sent: Saturday, October 24, 2009 1:13 AM
Subject: Re: Ketokohan (Re: [budaya_tionghua] Re: Nabil Award 2009)

> Ah nggak juga Pak Abs, panitya nabil bukanlah
> nabi yg sempurna, banyak tokoh yg luput dari
> perhatian mereka kok, yg mereka undang banyak
> yg tokoh organisasi, yg budayawan justru banyak
> yg luput
> Contoh gampangnya: mereka tak mengundang
> wakil dari himpunan penulis tionghoa indonesia.
> Ini menunjukkan wawasan mereka kurang luas.

Susbtansi soal ini jawabannya sudah ada dalam posting saya terdahulu yang
ber-subject "Apaan" dan "Tidak Nyambung".
Yaitu yang membahas soal siapa yang terundang dan siapa yang tidak terundang di
acara Nabil Award.

Umpamanya kalau SBY bikin acara, lalu saya tidak terundang, bukan SBY yang
salah lalu dituding dia bukan nabi dan wawasannya kurang luas, melainkan saya
yang kurang gaul di forumnya SBY sehingga tidak dia kenali saya...

Boleh dibilang Nabil organisasi yang lebih 'moncer' di kalangan tionghoa.
Maka kalau HPTI belum mereka identifikasikan sehingga tidak terundang, itu
bukanlah Nabil yang wawasannya kurang luas, melainkan HPTI yang mungkin 'kurang
gaul' di forum ketionghoaan.

Saya juga bukan tokoh organisasi ketionghoaan, karena nyata-nyata saya ini dari
etnis tionghoa pun bukan. Kehadiran saya adalah mewakili salahsatu komunitas
budaya tionghoa, atau lebih tepatnya: sub-budaya tionghoa, yang kecil saja.
Kalau toh nyatanya komunitas yang saya pimpin ini teridentifikasi oleh Nabil,
itu karena olah komunikasi komunitas ini okay punya.

Zhou-heng saya rasa belum tahu tentang HLH, komunitas penerjemah
tionghoa-indonesia. Para penerjemah buku, sub-title film, dokumen, dll.
Komunitasnya malah lebih kecil lagi, baru antara 20 sampai 30 orang saja.
Jadi, walau sebetulnya aktivitas mereka cukup intens, kalau Zhou-heng belum
tahu, lumrah lah.
Namun nyatanya toh ada wakil mereka hadir di acara Nabil Award. Karena olah
komunikasi mereka juga okay punya!

Wasalam.