----- Original Message -----
From: zho...@yahoo.com
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Sunday, October 25, 2009 12:37 AM
Subject: Re: Pencaboan, Pensotoyan (Re: [budaya_tionghua] Biarkan anjing
menggonggong.........)

> ABS? Masih menuduh saya pakai istilah kasar?

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Bukan menuduh, melainkan hanya mengemukakan kenyataan bahwa pernah ada member
milis ini yang sampai membuat moderator turun tangan karena akumulasi pemakaian
kata-kata jorok, kasar, intrusif dalam berdiskusi.

Tentunya supaya dihindarilah penggunaan cabo, sotoy, lidah kaku, otak beku,
sakit akut, pendidikan rendah, mulut berbusa, orang kampung, otak buntu,
turunan anjing herder, dan banyak lagi kata jorok, kasar dan intrusif lainnya,
sehingga menjadi offense (menyerang pribadi), bukan lagi berdiskusi tentang
budaya.

Indikasinya antara lain berhamburannya kata-kata sedemikian itu sampai membuat
rekan members lainnya risih lalu mempertanyakan moderator ada di mana.

Dan indikasi lainnya lagi tentunya adalah sampai membuat moderator kemudian
turun tangan, baik karena keluhan members tadi maupun atas inisiatif sendiri.

Selama mengemukakan hal ini, saya tidak pernah menyebut nama.
Namun apabila ada yang merasa, ya baguslah, syukurlah. Karena hal itu berarti
turun tangannya moderator telah memberikan pemahaman dan pencerahan pada mereka
yang bersangkutan.

Wasalam.