setujuuuuuuuu... sy jadi bingung membaca milis ini  [:)]
ketimbang bernada provokatif, sy lebih suka makan soto pake cabe aja,
hehehehe  [:D]

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, suwandy sie <race...@...> wrote:

> menanggapi topik ini, sepertinya kok jadi terang2an saling serang
pribadi ya? om moderator kemana nih ?  saya harap yang lebih tua bisa
lebih bijak dalam menanggapi diskusi ini dan yang lebih muda harap lebih
menghormati. Dengan demikian kita bs berdiskusi dengan sehat dan damai.
Mari jadikan millis ini sebagai alat pembelajaran kita dan bukannya
untuk saling menyerang dengan kalimat2 yang mungkin bagi sebagian orang
menjurus ke "kasar". Ingat,kita semua bergabung dimillis ini untuk
tujuan apa.. jadi tolong di renungkan kembali. Terima Kasih.

> Salam netral,
> Sie Kok Siong

com.sg>
> Date: Sat, 24 Oct 2009 14:33:30 -0000To: <budaya_tionghua@
yahoogroups. com>Subject: Pencaboan, Pensotoyan  (Re: [budaya_tionghua]
Biarkan anjing menggonggong. ........)

>                   Bukan istilahnya yang kasar, tapi "intensi" waktu
menggunakannya.

> Jadi kasar atau enggak tergantung kalimatnya dan maksud orang waktu
menggunakan istilah tersebut.

> Kata 'cabo'  pun awalnya merupakan istilah yang netral.
>
> Dan gue mendukung sekali argumennya  siapa tuh waktu itu yang
>
> menjelaskan bahwa kata cabo itu awalnya adalah netral.
>

> Begitu pun kata CINA.
>
> Dan untuk itu, marilah kita luruskan kembali kata-kata itu ke maknanya
yang semula,  yang netral. Salah satu caranya adalah

> dengan terus menerus mempopulerkan dan mempromosikannya, salah satunya
ya lewat milis BT ini, gitchu lhooohhhh ceritanyaaa. ..

yg memulai menggunakan kata Cabo!

sini istilah Cina juga istilah kasar, mengapa terus memungkiri kenyataan
ini?

melihat bahwa dari yang semula kata "cabo" digunakan secara netral,
namun di tengah-tengah berjalannya diskusi berubah digunakan menjadi
penghinaan perempuan.

menjatuhkan sanksi karantina kepada yang bersangkutan dengan
pencabo-caboan orang lain ini.

pelaku pencabo-caboan orang yang menurut penilaian moderator telah
dilakukan olehnya.

mampu, cerdas atau tidak cerdas, untuk merunut suatu thread diskusi
sepanjang perjalanannya.

maka masalah merunut thread diskusi bisa kita tutup di sini.

kemampuan dan keberesan seseorang untuk berdiskusi di milis secara baik.

seperti "cabo", "otak beku", "sotoy" bisa digunakan secara sangat tepat
dan sangat mengena.

tepatnya dan sama sangat mengenanya bila digunakan secara cerdas dalam
diskusi di milis, tanpa memperlihatkan kejorokan, kekasaran, dan
ke-intrusif- an.

sungguh-sungguh menunjukkan ketidak-beresan dalam berdiskusi secara
berintegritas.

runut dari awal, namun pada kenyataannya, di semua milis, ada lebih
banyak orang yang mencemplung masuk diskusi di tengah-tengah atau di
ujung diskusi, daripada yang mengikuti dari awal.

membiasakan untuk menambah kata baru dalam subject diskusi (lihat
subject posting ini di atas), supaya jelas substansi diskusinya bagi
mereka yang baru belakangan masuk dalam diskusi.

di mana mimik wajah dan nada suara bisa menjamin kejelasan makna.

"cabo", "otak-beku" dan "sotoy", karena hanya muncul dalam bentuk
tertulis, tanpa mimik dan nada suara, akan dengan lantas dan sontak
memumnculkan kesan dan asosiasi jorok, kasar dan intrusif

kata-kata lain, yang sama sangat tepatnya dan sama sangat mengenanya,
namun tidak jorok, kasar, dan intrusif.

sini mengomentari suatu hal tanpa memerhatikan masalah awal atau konteks
bahasan tempat hal itu dibahas. Contoh kongkritnya adalah masalah
"pencabo-caboan" seseorang. Orang yg mengikuti secara runut konteks
diskusinya sampai keluarnya istilah "cabo" ini tentu akan mengerti bahwa
pemakaian istilah ini, meskipun terasa kasar, namun sangat tepat dan
sangat mengena. Namun jika hal ini dikomentari di luar konteks aslinya,
komentar itu jadi terasa tidak sedap, bahkan terdengar memualkan dan
terkesan "sotoy". :-)

Kirim email ke