----- Original Message -----
From: King Hian
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Thursday, November 12, 2009 2:14 PM
Subject: Re: [budaya_tionghua] Tokoh Tiongkok Klassik

> nama pangeran Duan Yu (段誉) disebut Toan Kie.
> Seharusnya dalam bhs Hokkian dialek Zhangzhou
> namanya adalah Tuan Yi.

- - - - - - - - - - - - - -

Betul, penggunaan transliterasi "Toan Kie" untuk 段誉 itu memang tidak tepat.

Dan penerjemah yang bersangkutan, alm. Gan Kok Liang (Gan KL), sebelum wafatnya
(28 Nopember 2003) dalam suatu diskusi sudah pernah mengakui bahwa hal itu
merupakan kesalahan.

Penerjemah lain, alm. Boe Beng Tjoe / Oey Kim Tiang (OKT), di luar tahunya
banyak orang, juga pernah menerjemahkan cerita ini, hanya tidak sampai
diterbitkan.
Namun kebetulan saya pernah lihat transkripnya. Dan untuk nama 段誉 ini, OKT
menggunakan transliterasi "Toan Ie".

Wasakam.