Ga semua gereja kok yg menyerang budaya china. Katolik dan kristen non
kharismatik tidak seperti itu.

Tidak jauh dari cinteyen (vihara dharma bakti) di petak 9 ada gereja katolik
yang bangunan nya dan dalamnya seperti klenteng

From: "joao_kho" <joao....@gmail.com>
Date: Wed, 16 Dec 2009 03:02:54
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Subject: [budaya_tionghua] Re: Penghinaan

Benar sekali, sepegetahuan saya, Vihara Ekayana Graha merupakan Pusat
Budhayana, yang mana pembicara/ceramah bisa dari berbagai aliran Buddha. Nah
untuk masalah pernyataan vihara buddhis yang dulunya punya desas-desus atau
himbauan bagi umatnya supaya tidak merayakan perayaan Tahun Baru Imlek di
lingkungan vihara, memang pernah ada beritanya dimilis/email, kalo ga salah
adalah Vihara Dhammacakka di Sunter yang beraliran Theravada. CMIIW

Masalahnya berita ini benar atau hanya kabar angin tidak jelas. Cuma pernah
bahas dibeberapa milis agama. Yang mana mengatakan Gereja Khatolik aja oleh
yang pembimbing nya seorang Pastor aja mengajak umatnya yang mayoritas orang
Tionghua untuk merayakan perayaan Tahun Baru Imlek di Gereja, karena menganggap
itu adalah kekayaan dan menjaga kelestarian buddaya suatu etnis.

Bukan hanya perayaan Tahun Baru Imlek, dimana daerah ada etnis mayoritas
digereja katolik selalu membuat acara-acara budaya setempat. Saya rasa itu
justru menyegarkan dan membina kebersamaan dan kerukunan sesama.

Jadi kalo ada Vihara Buddha yg pernah melakukan himbauan untuk tidak merayakan
Tahun Baru Imlek atau acara budaya lain yg belon tentu adalah budaya dari
negeri asalnya yaitu dari India. Itu justru harus dipertimbangkan kembali oleh
lembaga maupun segenap Pembinanya di Vihara tersebut.

Karena agama adalah kepercayaan, Budaya adalah budaya, dan boleh dikatakan
agama adalah bagian/sub dari suatu Budaya. Jika dgn agama untuk menghapus
budaya umatnya/identitas umatnya. Saya rasa sangat tidak cocok dgn program
pemerintah untuk melestarikan dan menonjolkan kekayaan budaya di Negeri
tercinta ini.

Dimana kita ketahui dengan jelas Semboyan negara kita adalah Bhinneka Tunggal
Ika. Terima kasih.

JK

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "east_road" <east_r...@...> wrote:

> vihara ekayana graha itu bukan mahayana tapi Aliran Budhayana anda harus
> bedakan itu, vihara ekayana graha tidak memandang sekte aliran Buddha, dalam
> satu vihara bisa banyak aliran. Anda salah paham soal itu.

Kirim email ke