Maaf, menambahkan sedikit. Ada juga yang berpendapat bahwa waktu itu Hartati
Murdaya mendirikan Walubi demi memuluskan jalan politiknya.
Murdaya tidak didukung oleh Sangha dan kebanyakan umat, karena dia menempatkan
Sangha sebagai salah satu subunit di dalam Walubi. Belum pernah ada dalam
sejarah umat melindungi Sangha.
Untuk mendapatkan justifikasi, Murdaya mendatangkan/membiayai pendirian aliran
Nichiren Shoshu ke Indonesia agar mendapatkan figur bhiksu yang mendukungnya.

Salam,

Chen Gui Xin

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, King Hian <king_h...@...> wrote:

> Pelarangan perayaan tahun baru imlek yang dikeluarkan oleh Walubi (baca:
> Walubi-nya Siti Hartati Murdaya) memang ditujukan ke vihara2 Mahayana, yang
> waktu itu membandel "masih" tetap merayakan tahun baru imlek. Perlu dicatat
> bahwa pada waktu itu, Keppres No. 14/1967, yang melarang perayaan yang berbau
> Cina, masih berlaku.
>
> Kembali ke larangan Walubi ini, atas dasar apa Walubi mempunyai hak utk
> melarang vihara Mahayana (atau siapapun) utk merayakan tahun baru imlek?
> Umat Buddhia Mahayana melakukan upacara keagamaan setiap tanggal 1 dan 15
> [...]

Kirim email ke