Kalo ada yang palsu berarti ada yang aslinya dong. Ya gak? Yang oleh
sebagian orang dianggap atau dipercaya sebagai asli ini (misalnya sang Dewi
Kwan Im) secara logis ya berupa energi cerdas yang bisa memenuhi
keinginan/permintaan orang. Katakanlah orang-orang minta keselamatan dan
kesenangan kepada sang Dewi lalu selalu datang kecelakaan dan kesusahan, apa
yang dipercaya itu tidak  ditinggalkan oleh orang-orang itu? Ini mah
konsekuensi logis biasa aja. Lalu si energi cerdas tadi sih bisa aja
membiarkan dirinya terpotret sebagai ini itu (tapi biasanya ya buram tidak
tajam sama sekali). Tinggal pilih, citra yg terpotret itu merupakan "Kwan
Im" palsu atau "Kwan Im" asli. Asli atau palsu, EGP? :-) Gini aja dah, di
RSJ beberapa pasien mengaku ketemu dengan Yesus, Buddha, atau siapa saja
yang dipercayai dalam benaknya. Teman-teman dan dokter serta suster yang
diceritainya tentu "manggut-manggut" penuh pengertian. :-) Lalu ada dokter
usil kasih kamera langsung jadi (ala Kodak) kepada si orgil dan bilang kalo
nanti ketemu lagi coba dipotret untuk kenamg-kenangan dan si orgil pun
menuruti si dokter dan si orgil pun dengan bangganya akan menunjukkan bahwa
loh ia telah berhasil memotret sang .. :-) Belajarlah mengatakan secara apa
adanya Bung! Hahahahhaaahaaaa.

Andy L.S.

  _____