Menurut hemat bukjam marga ini menjadi populer dalam kebesaran dinasti Thong
(pinyin:tang). Hakka (khek) menyebut thong, hokkian (hoklo) menyebut tong.
aksaranya sama.

Jika kita membaca cerita sun go kong maka pendeta tong melambangkan
kebesaran Dinasti Thong. Bahkan orang hakka (khek) pun menyebut mereka Thong
Ngin.

Di zaman ini pun ada pendeta tong, Stephen Tong. Seorang pendeta besar marga
Tong dari Amoy. Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII).

salam,
Bukjam