saya bukan pakar tapi coba nimbrung

beberapa tokoh eropa , seperti leibniz , voltaire , christian wolff adalah
sinophile
leibniz kurang lebih setara dengan isaac newton ,
dulu pernah saya posting , tapi mungkin tidak ada salahnya saya posting
sebagian

*Leibniz*

Leibniz ,seorang ilmuwan genius yg terkenal, Ketertarikan Leibniz terhadap
Tiongkok di mulai pada tahun 1668 setelah membaca buku2 terjemahan tentang
tiongkok. 1689 Leibniz bertemu dengan seorang Jesuit , Claudio Filipo
Grimaldi yang menjadi jembatan Leibniz untuk bekorespodensi dengan jesuit2
yang sedang berada di tiongkok.1697 Leibniz mempublikasikan “Novissima
Sinica” kumpulan document Tiongkok termasuk perjanjian Treaty of Nerchinsk
antara Russia dan Tiongkok. Koresponden Leibniz dan Joachim Bouvet (白晋)
berlangsung dalam 14 kali surat menyurat. Bouvet bahkan sempat mengajari
Kaisar Kang Xi . Bouvet fokus pada I – Ching . Dan dari hasil korespondensi
itu Leibniz berkenalan dengan I Ching , mengilhami sistem bilangan biner
Leibniz.

*Pendapat:*

1. Leibniz berpendapat bahwa Eropa dan Tiongkok saling melengkapi satu sama
lain , western physics dan eastern ethics . Eropa unggul dalam teoritis
tapi lemah dibidang etika dan politik.

2. Sekalipun Leibniz seorang protestan , tapi Leibniz berada pada pihak
Jesuit dalam Rites Controversy. Leibniz menilai Toleransi beragama juga di
perlihatkan oleh kebijakan Kang Xi , dapat di adopsi untuk konflik protestan
vs katolik yang mengancam Eropa. Dijaman Leibniz , Prancis dibawah Louis XIV
mengeluarkan Edict of Nantes (1598) dan melakukan persekusi terhadap kaum
Huguenot. Leibniz berharap agar Eropa , khususnya Prancis untuk meniru
Tiongkok dalam hal toleransi beragama. Tetapi muncullah Rites Controversy ,
dimana Tiongkok di judge sebagai negara pagan. Ordo Dominika yang menjegal
Jesuit , dan berujung pada tindakan balasan dari Tiongkok.

3. Untuk bidang etika politik , Leibniz merujuk pada Confucianisme. Terhadap
dimensi etika dan politik , Leibniz sama sekali tidak mengaitkan logika dan
matematika.

I praise the foresight of Matteo Ricci, a great man, for following the
example of the Church Fathers who interpreted Plato and other philosophers
in a Christian fashion. Let us suppose he didn’t understand properly-may we
not for this reason retain their opinions, like gold, purged of all
impurities? If we ever impute to Confucius doctrines that are not his,
certainly no pious deception would be more innocent, since danger to those
mistaken and offence to those who teach is absent. (Leibniz , On The Civil
Cult of Confucius , 1700)

4. Dalam karya sentralnya atas filosofi Tiongkok , (The Discourse on Natural
Theology of The Chinese) , Leibniz menerjemahkan konsep Neo Confucian dari
li (principle) , qi (energy/force) dan taiji (the great ultimate) ke dalam
konsep metafisika. Untuk menyokong dari diskursus tersebut , Leibniz secara
explisit menggunakan karya Neo Confucian di abad ke 12 , Zhu Xi , yang
diterjemahkan oleh Longobardi , SJ. Leibniz gagal mengkaji pengaruh buddhist
dan taoist ke pemikiran Neo Confucian , tapi tetap melanjutkan etika
Confucian yang di motivasi dengan semangat yang sama.

But who would have believed that there is on earth a people who, though we
are in our view so very advanced in every branch of behaviour, still surpass
us in comprehending the precepts of civil life? Yet now we find this to be
so, as we learn to know them better. And so if we are their equals in the
industrial arts, and ahead of them in contemplative sciences, certainly they
surpass us (though it is almost shameful to confess this) in practical
philosophy, that is, in the precepts of ethics and politics adapted to
present life and use of mortals. Indeed, it is difficult to describe how
beautifully all the laws of the Chinese, in contrast to those of other
peoples, are directed to the achievement of public tranquillity and the
establishment of social order, so that men shall be disrupted in their
relations as little as possible. (Leibniz , Novissima Sinica )

5. Confusianism bahkan berperan penting dalam sejarah evolusi Akunting.
Accounting must be proper (Confucius) . Confucius adalah manajer warehouse.
Spirit Confucius menuntun rakyat Tiongkok selama ribuan tahun untuk
membentuk kembali kehidupan sosial dalam setiap fase evolusi. Contohnya ,
adalah evolusi metode penyimpanan buku sebagai satu dari teknik mutakhir
Tiongkok selama ribuan tahun. Ide utama dari evolusi akunting di Tiongkok
adalah “spending no more than income” yang di adopsi sejak jaman Zhou
Dinasty. Sepanjang Dinasti Han, perbedaan antara profit , expense , cost
telah dikenal. Dinasti Ming telah mengembangkan revenue sources dan reducing
expenditures. Juga mengembangkan warehouse management theory. (Chow , et al
2007) . Secara keseluruhan , sepanjang sejarah Tiongkok , telah dikembangkan
, internal checking, external auditing , design of accounts dan reports ,
auditing organisations, bookkeeping methods, budgeting, standard costing,
management regulations.  Dan antar hubungan pribadi , Guan Xi adalah term
sosial yang menggambarkan jaringan network.

“In the cult which the Chinese display towards Confucius and other deceased
worthy of merit,especially their own ancestors, it apparently happens that
there are rites which many elsewhere would view as religious ones. But it is
quite certain that these symbols are mostly so ambiguous that their
veneration can be seen as some sort of political cult, like emperors… We
indeed know the Chinese people have gone to more extremes in ceremonial pomp
than other nations, and i this regard they have fallen into excess. But such
excesses do not require a strict interpretation. Therefore one must examine
their opinions on souls on the basis of the appropriate evidence. This is
especially important if according to the writings canonized by scholars, one
could demonstrate that the literati thought that the souls of Confucius…”
(Leibniz , Novissima Sinica ) Artikel , The Historical Evolution of
Accounting In China) (Novissima Sinica) : Effect of Culture (2nd Part) ,
Juni , 2008

6. Memuji sebuah negara yang sudah divonis negara pagan adalah tindakan
nekat bisa berujung pada persekusi (Seperti kelak di alami oleh Christian
Wolff) . Jadi seperti umumnya pada jaman itu , buku2 yang dinilai rawan
hanya dapat di publikasikan secara terbatas atau bahkan pribadi. Karena itu
di jamannya , Novissima Sinica – Leibniz hanya di cetak tidak lebih dari 50
buku.

artikel lengkapnya , http://bentara.asia/?p=101

2010/4/7 Tony Setiabudhi <sbudhi8...@yahoo.com>

> Dear All;
> Sangat menarik kalau BUDAYA TiongHoa dapat di ADOPT oleh Katholik - karena
> seingat saya : ADA yang pernah menulis ; Waktu JESUIT masuk ke Tiongkok -
> begitu tahu  bahwa TAO-ism dalah falsafah yang snagat mendasar di Tiongkok -
> lalu para PADERI/ {pastor2) dapat WARNING dari Roma - apa betul ??
> Padahal Taoism akan mengarah pada HARMONISASI dan selalu dapat menyesuaikan
> dgn adat maupun aturan yang bagaimana PUN !!
> Barangkali ada PAKAR yang nimbrung ?

Kirim email ke