Menarik juga dengan saran anda, ... disempan untuk kenang-kenangan, ... lalu
disempan dimana? Iya kalau ada gudang, ... lalu? Setelah kita meninggal,
bagaimana dengan sikap anak-cucu yang tentu akan membuat problem juga bagi
mereka. Apa mereka-mereka masih bisa dan sanggup meneruskan menyimpan dengan
baik-baik sebagai kenangan?

Padahal Bongpay berkaitan dengan kuburan, kuburannya sudah tiada dan abu
penghuninya sudah ditebar dilaut 1/2 abad yl, ... tertinggal Bongpay dan 2
patung itu yang baru muncul jadi soal setelah ditemukan berada dalam gudang,
yang disewa orang. Dan, sekarang harus diangkut keluar. Ini cucu-cucu-nya yang
tidak pernah tahu menahu ada soal bongpay engkong dititip simpan dalam gudang
orang, jadi bingung untuk menemukan jalan keluar yang sesuai tradisi bisa
dinyatakan menghormati leluhur saja.

Tapi mungkin, yang paling baik Bongpay itu mengikuti arwah engkong yang telah
ditebar di-laut, ... sesuai dengan penguburan ke-2X itu. Lalu, apakah perlu ada
upacara sembahyang juga, yang sama dengan saat menebar abu di laut? Siapa-siapa
saja kiranya yang berhak dan perlu membuang bongpay di kelaut? Misalnya cucu
lelaki atau ada aturan malah harus cucu lelaki yang paling tua? Kalau cucu
perempuan yang mewakili, bvoleh gak?

Bab-ban kamsia atas pencerahan yang diberikan.

Salam,
ChanCT