Ardian yb,

Yaa, ... Sungguh menarik kalau klenteng-klenteng juga bikin museum kecil untuk
menyimpan benda-benda peninggalan sejarah jejak langkah Tionghoa di Indonesia.

Eeeiih, lalu apakah ada sebutan khusus untuk "membuang" bongpay keluat? Kan,
kalau gunakan sebutan membuang rasanya gak kena, seperti barang yang udah tak
berguna, ... Agu bisa ditebar.  Apa begitu istilah yang lazim digunakan?

Lalu, apapula dengan pwa pwee itu? Kalau keterangan dari Frans, sepertinya
menanyakan leluhur maunya diapain, gitu. Lalu menanyakan dengan gunakan 2 bilah
kayu, tergantung menghadap kemana posisi kedua kayu itu? Dengan pengertian
tertentu. Baru dengar ada tradisi begituan untuk menetapkan Bongpay maunya
diapakan. Ada yang bisa kasih pencerahan, dari 4 kemungkinan, 2 kayu dengan 2
posisi permukaan yang beda, yang merupakan permintaan leluhur itu apa saja, ya?

Betul juga Ardian, sebutan babah dan totok untuk jaman sekarang sudah tidak
relevan lagi, atau perlu ada pengertian yang lain. Saya teruskan gunakan
sebutan itu sebagai kebiasaan dijaman dahulu saja. Tidak serius. Dalam
pengertian babah yang sudah turun temurun lahir dan besar di Indonesia, yang
sudah tidak berbudaya Tionghoa lagi, sedang totok termasuk TIonghoa pendatang
baru, setidak baru 2 turunan saja, yang masih keras bertradisi budaya Tionghoa.
Bahwa diantara babah juga ada yang kuat pegang tradisi budaya Tionghoa, tentu
bisa saja. Sebaliknya juga bagi yang totok sudah kebarat-baratan juga ada, kan.

Barangkali yang lebih tepat sebutan untuk bedakan kelompok Tionghoa yang ada di
Indonesia sekarang ini, hanya berdassarkan kewarganegaraan saja. Disebut
Huakiao kalau masih tetap pegang passport TIongkok, sedang yang sudah jadi MNI
disebut Huaren, orang Hua saja.

Salam,
ChanCT