aye mo koreksi aja sedikit ya, itu legenda yg ancurin shaolin bukan cuma
dijaman aja kangxi tapi yongzheng, jg yg diancurin itu bukan shaolin utara tapi
shaolin selatan di fuqing.

nah itu masalah besar , apa bener shaolin diancurin ama yongzheng or kangxi ?
apa hubungan shaolin selatan sama hong xiguan ?
yg aye inget salah satu vihara yg diancurin itu di e mei , krn dituduh terlibat
pemberontakan.

kalu yg diselatan, itu rada2 bias en gak jelas.

penelitian arkeologi di fuqing emang nemuin itu reruntuhan shaolin selatan yg
katanya dibangun jaman dinasti tang , tapi itu dah rata waktu jaman ming.
nah serunya itu berdasarkan catatan putian itu ada shaolin selatan dan
diancurin ama kangxi.

itu emang rada2 ribet , yg mana yg bener tapi arkelogo sementara baru nemuin di
fuqing.

aye seh mikir ada kemungkina vihara yg diancurin ama kangxi or yongzheng krn
dianggap basis anti qing apalage daerah selatan itu basis pertahanan terakhir
yg emang paling gigih ngelawan qing.
tapi apa itu vihara cabang shaolin resmi ? mbuh, tapi yg jelas mrk itu belajar
kungfu shaolin en itu jadi bekal mrk ngelawan qing.

Kirim email ke