Quoting "JPN. Sumarno" <[EMAIL PROTECTED]>:
Mas tidak semua zone file Bind memiliki fasilitas file .txt. So kita tak dapat menyalahkan orang orang yg memakai Bind lama agar mau menambahan data txt. Itu jelas diluar spesifikasi softwarenya.
Pak .. jadi zone record .id itu bind nya macem2 ?

Waduh mungkin bapak salah ngerti maksud saya :)

Gini, cctld menyerahkan "zone file" ke kominfo.
Nah kita perlu pastikan di dalam zone file tersebut apakah terdapat
record2 mengenai info kepemilikan sebuah domain (alamat, admin-c, billing-c, etc
etc) sehingga tidak menimbulkan perkara baru (rebut2an domain, ngaku2 domain,
etc)
Pak Bob bilang ada record TXT, yang kebetulan ada juga yg melakukan query TXT
tetapi yang di query adalah "zone file aaj.co.id" yang di cbn. Bukan yang di
cctld. Karena yang di cbn kebetulan ada record TXT di zone file domain tersebut.
Nah hal ini mengakibatkan hanya domain tersebut yang ada TXT record nya ketika
di
lakukan nslookup dsb. Sedangkan domain2 lain tidak, kecuali yang ada recoed TXT
nya di zone file domain tersebut (bukan zone file yang cctdl punya)

[ yang lain saya ga baca lagi .. ga ngerti :P ]
Disinilah salah satu problem IT di Indonesia, ketika kita berbicara application, mungkin kita juga perlu melihat tipe distro apa yang dipakai atau yg dianjurkan dipakai berikut sysopnya.

Dari situ kita dapat bersikap bijak kepada pemakainya. Dan kita tidak lantas menekan pemakai itu agar menambahkan fasilitas seperti yg ada pada benak kita yg berdasarkan distro yg berbeda.

Ketika server hang, lalu setelah di reboot, pemakai Linux dan FreeBSD akan berteriak "fsck" agar terjadi recovery server. Akan tetapi ketika hendak menseting aplikasi tertentu... ada perintah dan direktori yg berbeda :-).

Komunitas IT Indonesia memang dianjurkan lebih bijaksana kalau melihat sisi prakteknya seperti itu, ada banyak gap bahasa yang perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sehingga komunikasi lintas komunitas yang berbeda mazab sistem operasi, bisa berjalan baik.

Wass
-marno-