  [EQ]

  CHRISYE : SEBUAH MEMOAR MUSIKAL
  [Naga Legendaris INDONESIA]
  Oleh : Alberthiene Endah

  Bermimpilah,
  sebab harapan akan memberi hidup

  Berkaryalah,
  sebab seni akan memberi makna

  [Naga belajar . . . sampai menutup mata]

  SUARA SAHABAT

  71. Guruh Soekarno Putra : “Sauaranya Sehalus Perasaannya!”

  KETIKA PERTAMA KALI MENDENGAR LANTUNAN SUARANYA DI PERTENGAHAN TAHUN 70-AN,
SAYA SANGAT TERKESIMA. Ada penyanyi pria dengan suara selembut dan seindah itu!
Tapi, lembutnya suara Chrisye begitu berenergi. Ini temuan yang menarik.

  Saya tak berfikir panjang untuk mengajak menyanyi di album Guruh Gipsy.
Repertoar yang saya ciptakan, sebagian memang sengaja saya arahkan untuk
Chrisye. Dan buat saya asyik sekali mencipta lagu untuk dia karena dia memiliki
kemampuan mengatur cengkok suara yang enak didengar. Permainan nada rendah dan
nada tingginya pun sangat artistik. Lagu-lagu saya yang berciri tradisional,
menjadi sangat bernyawa di dalam vokalnya.

  Melihat perjalanan karier Chrisye, saya setuju dengan pendapat bahwa dia
menjadi sangat besar lantaran kesungguhannya yang total dalam bermusik. Dia
juga memiliki ketajaman intuisi yang dibutuhkan seorang penyanyi untuk bisa
bertahan dan digemari kalangan yang luas. Ditambah dengan sikapnya yang terbuka
dalam generasi pemusik masa kini, maka pantaslah bila Chrisye terus menempati
posisi yang sangat terhormat di kancah musik Indonesia. Dia sangat layak
disebut sebagai seorang legenda.

  [bersambung . . ]

  SONETA INDONESIA <www.soneta.org>

  Retno Kintoko Hp. 0818-942644
  Aminta Plaza Lt. 10
  Jl. TB. Simatupang Kav. 10, Jakarta Selatan
  Ph. 62 21-7511402-3

Need a vacation? Get great deals to amazing places on Yahoo! Travel.

Kirim email ke