======================================
  THE WAHANA DHARMA NUSA CENTER
  [ Seri : "Membangun Ekonomi Rakyat Indonesia" ]
  =======================================
  [Ec_Q]

  BANK KAUM MISKIN
  Oleh : Muhammad Yunus
  Peraih Hadiah Nobel Perdamaian 2006
  Bersama Alan Jolis

  Belajar dari :
  Kisah Muhammad Yunus dan Grameen Bank, dalam
  Memerangi Kemiskinan

  25. Malam itu saya sulit tidur..!

  Biasanya kalau kepala saya menyentuh bantal, saya akan langsung tertidur
dalam hitungan detik. Tapi malam itu saya sulit tidur. Saya terbaring di tempat
tidur sambil merasa bersalah karena menjadi bagian dari masyarakat yang tidak
bisa menyediakan AS $ 27 bagi 42 orang yang punya keterampilan untuk
mempertahankan hidupnya. Saya mendadak sadar bahwa apa yang tadi sudah saya
kerjakan sama sekali tidak memadai. Jika yang lain butuh modal, mereka tidak
mungkin mengejar-ngejar dekan Fakultas Ekonomi. Respon saya tadi bersifat ad
hoc dan emosional. Kini saya perlu menjawabnya secara institusional agar bisa
dijadikan sandaran oleh masyarakat Jobra. Yang dibutuhkan adalah lembaga yang
bisa memberi pinjaman pada mereka yang tidak punya apa-apa. Saya putuskan untuk
mendekati manajer bank lokal dan meminta banknya memberi pinjaman pada kaum
miskin.

  Kelihatannya sederhana, mudah.

  Kemudian saya pun tertidur…

  [ bersambung ]

  The Flag
  Air minum COLDA - Higienis n Fresh !
  ERDBEBEN Alarm

  =====================================
  THE WAHANA DHARMA NUSA CENTER
  [ Seri : "Membangun Demokrasi  Indonesia" ]
  =====================================
  [Dem_Q]

  Mengenang :
  129 Tahun Pahlawan Nasional R.A. KARTINI
  [ 21 April 1879 - 21 April 2008 ]

  Kartini Hillary dan Kartono Obama

  Di Amerika emansipasi wanita dalam demokrasi kursi No. 1 Gedung Putih masih
dalam bentuk lorong panjang, para Kartini AS ingin menunjukkan emansipasinya.
Untuk jabatan tertinggi di Negara adidaya ini, bagi ‘Kartini’ AS masih dalam
tahap perjuangan panjang. Hillary pun ingin membuktikannya.....
  Termasuk hari ini pemilihan pendahuluan di negara bagian Pennsylvania.

  Ia harus berjuang keras, karena Kartono Obama sudah lebih dulu berada di
balik pintu Gedung Putih – walau harus menghadapi Mc Cain di pemilu AS 4
November 2008 yad. Tentu peluang Kartini AS Hillary menjadi lebih kecil.

  Di Indonesia, hal itu sudah bisa - biasa, karena terbukti Kartini Indonesia
sudah lebih dulu bisa duduk di kursi No.1 sebagai presiden republik Indonesia.
Soal berhasil dan tidaknya itu dalam penilaian yang lain. Bilamana saat ini
R.A. Kartini masih hidup, tentu akan senang, karena perjuangan dan pemikirannya
terus bergulir maju – mengikuti perkembangan zaman.

  Nah kenapa masyarakat AS sekarang lebih memilih Kartono Obama, tentu bagi
mereka pasti ada alasan yang kuat.

  Bagi saya sendiri, Obama adalah simbol kepribadian dunia, universal,
pluralis, demokrat, pemikir, cendekiawan, cerdas, komitmen tinggi, cocern, bisa
dimana saja kapan saja, masih muda - namun sudah berfikir tua dan bijaksana,
sehingga masyarakat AS hampir sepakat menilai ia adalah simbol perubahan.

  Anda ingin bukti, . . .?! Ya, begitu juga saya, ok kita tunggu saja Pemilu AS
4 November 2008 yang akan datang. Dan kita lihat perjalanan AS 4 tahun ke depan.

  Mungkinkah Kartono Obama berdampingan dan berkolaborasi dengan Kartini
Hillary..?!
  Kita lihat saja nanti.

  Nah sekarang bagaimana dengan di Indonesia? Setelah 129 Tahun R.A. Kartini.

  Apakah sosok2 dan pemikiran Kartono Obama Indonesia sudah sampai pada lini
elite Indonesia – saya yakin banyak - Itu semua penting dan perlu kita
implementasikan!
  Sesuai dalam tahapan demokrasi yang telah dicapai AS, tentu Indonesia pun
sesuai dengan tahapannya, akan memiliki sosok Obama Kartono.

  Saat ini kita sambil menunggu waktu untuk menentukan siapakah Kartono dan
Kartini Indonesia di pemilu 5 April 2009. Silahkan saja nanti pilih mana yang
terbaik.

  Jadi tidak masalah lagi, siapapun yang terbaik dapat maju, toh mekanisme
sudah jelas, 5 tahun bagus lanjut, kalo jelek – ya langsung ganti pilihan.

  Jadi sosok2 dan pemikiran2 Kartono like Obama memang sangat diperlukan di
Indonesia saat ini dan kedepan.

  Best regard,

  Retno Kintoko

  The Flag
  Air minum COLDA - Higienis n Fresh !
  ERDBEBEN Alarm

  SONETA INDONESIA <www.soneta.org>

  Retno Kintoko Hp. 0818-942644
  Aminta Plaza Lt. 10
  Jl. TB. Simatupang Kav. 10, Jakarta Selatan
  Ph. 62 21-7511402-3