Pengaruh Cinta Dan Kasih Sayang

By: agussyafii

Pernah pada pagi ketika saya sedang mandi, Hana ribut dengan ketuk-ketuk kamar
mandi sambil berteriak-teriak. 'duit..yah, duit  yah..' Tumben pagi-pagi sudah
minta duit, biasanya minta beli jajan. pikir saya. Setelah selesai mandi istri
saya mengatakan barusan ada orang yang butuh. 'oo..pantesan ribut minta duit
mau ngasih orang lain ya...'kata saya.  Biasanya mamahnya suka memberi beras
atau uang pada orang yang sedang butuh.

Itulah anak seiiring pertumbuhannya tampak sikap mereka atau ketertarikan
melakukan sesuatu karena dipengaruhi oleh sikap dan perbuatan orang tuanya.
pengaruh kasih sayang orang tualah yang paling kuat membentuk kepribadian sang
anak. jika kita bersikap lembut dan penuh cinta maka anak akan membentuk cara
berpikir anak bahwa semua orang pada dasarnya baik dan penuh cinta.

Saya teringat salah satu Hadis dari Ibnu Abas bahwa Rasulullah bersabda,
'Akrabilah anak-anakmu dan didiklah akhlak mereka.' Mendidik akhlak anak-anak
buat saya berarti memberikan pengaruh Cinta dan kasih sayang pada anak, namun
sesungguhnya cinta bukanlah kita yang menentukan. Cinta datangnya dari Alloh
SWT dan hanya untuk Alloh SWT. Buktinya adalah luar biasa menakjubkan cinta,
semakin banyak kita  memberikan cinta untuk orang lain maka semakin banyak
cinta yang kita terima. Orang yang bersikap penuh cinta maka akan mudah baginya
untuk mendapatkan cinta dari orang-orang disekelilingnya.

Lantas bagaimana kita memberikan pengaruh cinta dan kasih sayang pada anak-anak
kita? pengaruh cinta dan kasih sayang pada anak-anak itu terjadi ketika kita
sebagai orang tua menghormati orang lain, membantu orang-orang disekeliling
kita. Memberi pada orang yang membutuhkan sekalipun hanya Rp.500 akan memiliki
makna yang begitu besar bagi anak.

kebaikan yang kita lakukan karena rasa cinta dan kasih  sayang kita terhadap
orang lain, menjadi sesuatu perbuatan yang  menyenangkan dan spontanitas
sehingga anak-anak ikut merasakan sendiri betapa bahagianya mereka ketika
melakukan kebaikan.

Anak-anak ikut berempati, merasakan penderitaan orang lain, mereka mau membantu
dan melihat kebahagiaan dari wajah orang-orang yang telah dibantunya, anak-anak
merasakan kebahagiaan itu. indah dan luar biasa menyenangkan. Itulah nikmatnya
memberi. Memberi berarti berempati terhadap penderitaan orang lain. Dan Empati
adalah buah dari pengaruh cinta dan kasih sayang kita sebagai orang tua.

---
'Sesungguhnya Allah selalu beserta orang-orang yang taqwa dan orang-orang yang
selalu berbuat kebaikan. (Q.S. An-Nahl 128).

Wassalam,
agussyafii

--
Tulisan ini dalam rangka kampanye program 'Amalia Cinta Bumi (ACIBU) Minggu,
tanggal 17 Mei 2009, di Rumah Amalia, Jl. Subagyo Blok ii 1, no.23 Komplek

Kirim email ke