Jawa Pos

[ Senin, 15 Juni 2009 ]

Cara Konjen RI Hongkong Mengelola TKW Kita (1)

Kursus Kecantikan agar Tak Jadi TKW Abadi

Saat sibuk meeting dengan mitra di Hongkong untuk Project SCAN (Submarine Cable
Asia Network) atau kabel fiber optik yang akan menghubungkan
Surabaya-Jakarta-Hongkong, LINGGAR MULYONO meliput aktivitas KJRI Hongkong
menangani TKW di bekas koloni Inggris itu.

---

''PAK Linggar, selamat pagi. Kalau ikuti kasus nasib buruk yang menipa Siti
Hajar, TKW di Malaysia, penanganan dan sistem pelayanan berbasis perlidungan
KJRI Hongkong salah satu jawabannya.'' Itu adalah pesan singkat (SMS) yang saya
terima dari Ferry Adamhar, konsul jenderal RI di Hongkong, saat saya sedang
makan pagi di Hotel Ibis, Jakarta, Kamis lalu (11/6).

Hari itu saya sedang bersiap untuk presentasi di Pearl Energy tentang jalur
kabel yang akan melalui daerah konsesi perusahaan minyak dari Abu Dhabi itu.
Ketika SMS Pak Ferry masuk, kebetulan saya lagi membaca Koran Tempo yang
memberitakan kasus penganiayaan Siti Hajar, 33, oleh majikannya yang bernama
Michel. Selama tiga tahun, sejak Juli 2006, segala macam penganiayaan dialami
Siti setiap hari, selain gajinya tidak dibayar dan dia tidak pernah bisa keluar
rumah. Janda beranak dua itu sekarang dirawat di Universiti Malaya Medical
Centre, Kuala Lumpur, untuk menyembuhkan luka-lukanya.

Sebagai Presdir PT Fangbian Iskan Corporindo (FIC), anak perusahaan Jawa Pos
yang mengurusi proyek SCAN, saya harus sering ke Hongkong untuk pertemuan
dengan partner. Saya juga beberapa kali bertemu dengan Pak Ferry untuk
berbincang banyak hal tentang Hongkong, termasuk soal TKW. Tapi, baru Minggu,
31 Mei, lalu saya mengikuti kegiatan Pak Ferry ''mengelola'' tenaga kerja
wanita (TKW) kita di Hongkong yang saat ini mencapai 122 ribu orang lebih -75
persen di antara mereka berasal dari Jawa Timur.

Hari itu saya diajak meresmikan kursus kecantikan bagi para TKW kita di Farida
International Academy of Aesthetics di Jordan Road, kawasan Kowloon, yang
merupakan angkatan pertama. Kegiatan itu disokong oleh beberapa perusahaan
Indonesia di Hongkong, juga Teleglobal Pacific Group (TPG), partner FIC dalam
pemasangan kabel Surabaya-Jakarta-Hongkong. Angkatan pertama diikuti 28
peserta, melalui seleksi yang cukup ketat. Setelah itu, kami menuju ke gedung
konjen di kawasan Causeway Bay untuk meresmikan kursus memasak angkatan ke-9
hingga ke-12 bagi para TKW.

Saya sampaikan kepada Pak Ferry, menurut bos saya, Pak Dahlan Iskan, berita
tentang manusia itu ada dua jenis, yakni berita ''kekalahan manusia'' dan
berita ''kemenangan manusia''. Berita Siti Hajar yang dihajar majikannya selama
tiga tahun jelas merupakan contoh yang pas untuk jenis berita ''kekalahan
manusia''.

Tapi, berita TKW kita dikursuskan kecantikan sampai mendapatkan sertifikat
sehingga nanti tidak terus menjadi domestic helper, istilah pembantu di
Hongkong, merupakan berita ''kemenanganan manusia'' yang jarang muncul dari
dunia TKW. ''Adik-adik antusias mengikuti kegiatan-kegiatan yang kita adakan,''
ujar Pak Ferry, yang selalu memanggil ''adik'' untuk para TKW di Hongkong.

TKW kita di Hongkong, tampaknya, harus banyak bersyukur jika dibandingkan
dengan TKW yang ditempatkan di negara lain. Mereka menerima banyak
''kenikmatan'' yang tidak bisa dirasakan TKW di negara lain. Selain pemerintah
Hongkong yang bersih dan tegas dalam menegakkan hukum, KJRI di Hongkong telah
menerapkan apa yang oleh Pak Ferry disebut ''sistem pelayanan berbasis
perlindungan''.

Para TKW kita di Hongkong memiliki hak, kewajiban, dan standar kontrak yang
diatur sedemikian rupa oleh pemerintah Hongkong. Dan, itu tertuang dalam
Employment Ordiance Chapter 57 untuk penatalaksanaan rumah tangga asing atau
foreign domestic helper. Dalam aturan itu tertuang dengan jelas hak-hak para
TKW, seperti gaji minimum, uraian kerja, kodisi tempat tinggal, asuransi
kecelakaan kerja, libur satu hari dalam seminggu, cuti tahunan 7 hari, makan
dan transportasi, hingga pemeriksaan kesehatan bila TKW sakit.

Hanya di Hongkong, TKW kita bisa bebas keluar rumah dan berkumpul dengan sesama
TKW lain pada Minggu. Dengan begitu, kalau ada permasalahan, mereka bisa
berdiskusi dengan sesama TKW, atau datang ke konjen. Dan, setiap Minggu, jangan
kaget, sekitar 10 ribu TKW kita kumpul di Victoria Park yang berada di kawasan
Causeway Bay, sama dengan gedung KJRI kita.

''Waktu Idul Fitri lalu sekitar 40 ribu TKW kita salat Id bersama di Victoria
Park,'' ujar Pak Ferry, yang saat itu menjadi penjamin akibat polisi Hongkong
''gugup'' dengan hadirnya puluhan ribu orang di tempat yang sama. ''Semua
lancar, aman-aman saja,'' tambahnya.

Tentu ini suatu ''kemewahan'' bagi TKW kita, yang tidak bisa dirasakan TKW lain
meski ditempatkan di negara Islam seperti Malaysia atau negara-negara di Timur
Tengah. Jangankan kumpul-kumpul tiap Minggu, atau salat Idul Fitri bersama, ke
luar rumah saja tidak boleh. Bahkan, Siti Hajar selama tiga tahun tidak bisa
keluar rumah hingga dia merusak gembok rumah majikanya yang dipasang di pintu
dobel.

TKW di Hongkong bahkan bisa memperoleh tabloid berbahasa Indonesia gratis,
yakni Apakabar dan Suara, yang terbit dwimingguan. Mereka bisa mengikuti
berita-berita dari Indonesia maupun seputar Hongkong yang berkaitan dengan
profesinya. Tabloid Apakabar edisi 23 Mei-5 Juni, misalnya, halaman depan
memuat foto Ketua KPK Antasari Azhar dengan judul Jebakan Cinta Ketua KPK.
Sementara itu, halaman depan tabloid Suara memberitakan demo TKW Indonesia
sehubungan dengan Hari Buruh (May Day), yang antara lain menyuarakan
underpayment dan excessive agency fee.

Wartawan dua tabloid itu juga hadir saat pembukaan kursus kecantikan di Farida,
yakni Aliyah Purwati (Suara) dan Risty (Apakabar). ''Kami hidup dari iklan,''
ujar mereka saat saya tanya bagaimana mereka membiayai tabloidnya, yang setiap
terbit dicetak sekitar 35 ribu eksemplar itu. Dan, memang, iklannya cukup
banyak dengan produk dan jasa yang spesifik ditujukan kepada para TKW.
Misalnya, produk kecantikan, telepon murah, cara telepon ke Indonesia dengan
cara murah, dan cara mengirimkan barang ke Indonesia.

Itulah sebabnya, bila ada kegiatan di KJRI, para TKW bisa tahu dan mendaftar
untuk ikut serta karena dimuat di tabloid. Misalnya, untuk kursus memasak yang
diadakan di KJRI, peserta yang mendaftar 260 orang sehingga harus diseleksi.
Untuk kursus itu, yang diterima hanya 40 orang untuk empat angkatan, tiap
minggu 10 orang. Seleksi yang lebih ketat diterapkan untuk peserta kursus
kecantikan.

''Saya senang bisa ikut kursus kecantikan karena seleksinya ketat,'' ujar
Zainatul Magzuroh, 26, TKW asal Desa Jasun, Demak, Jawa Tengah, yang sudah
delapan tahun di Hongkong. Menurut Zaina -begitu dia dipanggil-, dirinya tidak
ingin terus-terusan menjadi TKW. ''Saya juga ingin menikah dan punya anak,''
ujar gadis cantik berkulit putih itu. Itulah sebabnya, Zaina akan serius
mengikuti kursus sehingga ketika kontraknya habis dia bisa membuka salon
kecantikan di kota asalnya.

Suasana kondusif itulah yang membuat remiten sosial (ide-ide, perilaku,
identitas, dan kapital sosial) TKW Hongkong lebih menonjol jika dibandingkan
dengan TKW dari negara lain. Penelitian yang dilakukan Wulan (2008) menunjukan
bahwa TKW yang pulang dari Hongkong terlihat lebih pandai, lebih punya
perencanaan untuk masa depan, dan punya banyak keterampilan daripada yang
pulang dari Malaysia, Arab Saudi, dan Singapura.

Menurut Ferry Adamhar, meski kondisi TKW di Hongkong relatif lebih baik
ketimbang di negara lain, bukan berarti tidak ada persoalan. Dia membagi
persoalan yang ada dalam dua kategori besar, yaitu struktural dan kultural. Dua
persoalan itu membutuhkan penanganan yang berbeda. Berkat perhatiannya yang
intens selama satu setengah tahun menjadi konsul di Hongkong, dia bisa
merumuskan apa saja yang telah dan harus dilakukan.

Pengalamannya itulah yang lantas dituangkan dalam buku yang berjudul Rumah yang
Ramah: Menuju Palayanan Berbasis Perlindungan bagi TKI di Hongkong. Apa saja
yang telah dia lakukan sehingga patut ditiru oleh pejabat kita di luar negeri
yang lain, ikuti lanjutan tulisan ini besok. (bersambung)

<<75157large.jpg>>