Joas Adiprasetya wrote:
> ja:
> rasul joas harus bertanya kepada nelayan itu, "pak, kalau saya bertanya pada
> seorang penduduk yang bukan dari pulau bapak, 'manakah yang pulau kreta?'
> apa yang akan dia jawab?"

> jadi entah si nelayan dari pulau kreta atau bukan pulau kreta, semuanya akan
> menunjukkan yg bukan pula kreta. kita tinggal membalik jawaban itu dan pasti
> akan mendapatkan pulau kreta.

surjo >>
eh mas rasul, pertanyaannya jelimet amat sih untuk ukuran nelayan; tanya
aza sama nelayan itu , "pak tolong tunjukkan bapak berasal dari pulau
yang mana ? " ntah si nelayan ini dari pulau kreta atau bukan pasti yang
ditunjuk bukan pulau kreta :))

namun saya beri komentar dikit ;
rasul joas tampaknya tidak puas dengan pendapat penulis iwan m, makanya
dia memodifikasi pertanyaan penulis iwan m dan merubah latar belakang
geographi percakapan antara rasul joas dan nelayan bandingan ;

pertanyaan dari penulis iwan m
"Menurut penduduk pulau sebelah, apakah penduduk pulau
ini pembohong semua?"

diubah oleh rasul joas menjadi ;
"pak, kalau saya bertanya pada seorang penduduk yang bukan dari pulau
bapak, 'manakah yang pulau kreta?'

setting latar belakang ;
versi penulis iwan  m ; didarat, di salah satu pulau, rasul joas nya
sudah mendarat di salah satu pulau.

versi rasul joas ; di tengah laut dengan 2 pulau dihadapan mereka (
nelayan dan rasul ), rasul joas belum mendarat.

diperkirakan kedua penulis ini memakai sumber Q yang sama yaitu INTERNET
hehe...

yang saya bingung jawaban henry dan handita nih, persoalannya khan yang
ditanya mengetahui pulau , bukan nelayan itu orang kreta atau bukan :))
kok tidak menyimak nya ? apa dulu waktu masih mahasiswa begitu, kalau
ujian ngak bisa lalu soal nya diganti menjadi soal sendiri terus
jawabannya juga jawaban sendiri hehe..

ok kasus problem kebenaran minggu ini ditutup dan dibuka lagi minggu
depan :)), yang mau komentar atau koreksi atau mau nambahin barangkali
ada alternatif lain yang lebih singkat , silahkan , dan ditunggu :))

surjo abadi