From: "aletheia01" <[EMAIL PROTECTED]>
Bertrand Russell seorang matematikawan dan filsuf yang juga salah satu
pelopor positivisme logis (duh, kata ini sering banget mucul
belakangan ini hehehe). Epimenides paradox yang disampaikan Mas Joas
erat sekali berhubungan dengan Russell Paradox.
Sumber :
http://plato.stanford.edu/entries/russell-paradox/

ja:
sebenarnya contoh paradoks epimenides berbeda secara kategorial dengan
paradoksnya russell. paradoks epimedes disebut paradoks semantik, karena
berurusan dengan nilai kebenaran (truth values). sedang paradoks russell
disebut paradoks set, karena berurusan dengan persoalan set. tapi keduanya
memang terkait erat. masing2 model punya analoginya di model lainnya.

salah satu contoh yg paling terkenal yg diberikan russell adalah paradoks
tukang cukur. misalnya, seorang tukang cukur mencantumkan sebuah poster di
jendela salonnya: "saya mencukur semua orang di kota ini, yaitu mereka semua
yang tidak mencukur dirinya sendiri." pertanyaannya: siapa yg mencukur si
tukang cukur.

* jika ia mencukur dirinya sendiri, maka ia termasuk dalam set orang yang
mencukur diri mereka sendiri. tapi poster tsb berbunyi: "saya mencukur semua
orang ... yg tidak mencukur dirinya sendiri." jadi, dia tidak mungkin bisa
mencukur dirinya sendiri.
* jika seseorang mencukur si tukang cukur, maka ia adalah seorang yang tidak
mencukur dirinya sendiri. padahal poster tsb berbunyi: "saya mencukur semua
orang ..." jadi tak seorang pun bisa mencukur si tukang cukur.
kesimpulan: TAK SEORANG PUN bisa mencukur si tukang cukur.

joas