Peduli Tak Peduli - Tentang Gie
Aku kagum pada jiwa Soe Hok Gie. Gie itu orang yang bebas dan bisa
memilih untuk tidak peduli. "Lebih baik diasingkan daripada menyerah
kepada kemunafikan." Jiwa Gie yang tidak peduli akan kekuasaan dan
kehormatan dan kekayaan, membuat dia bebas. Kepada teman-teman
mahasiswanya yang diangkat jadi anggota parlemen dia cuma mengirimi
mereka bedak dan pupur. "Supaya bisa berdandan cantik di depan
penguasa, " ujarnya.

Gie. Dia ngga peduli tuntutan masyarakat untuk jadi terhormat, kaya,
dan hidup enak. Satu kali ibunya mengeluh tentang kegiatan
kritik2nya: "Untuk apa cari musuh, tidak membuat uang." Gie cuma
bilang, "Mama tidak mengerti.."

Orang yang bisa tidak peduli, berlawanan dengan arus dunia yang
mendewakan uang, pangkat dan kehormatan, adalah orang yang bebas.
Dia bisa bebas menuruti kata hatinya walau jelas dia akan terasing.
Seperti pahatan di batu nisan Gie, "
"Nobody knows the trouble I see, Nobody knows my sorrow"

Gie. Orang yang berani tidak peduli, tidak mau menjadi seperti
kebanyakan orang. "I don't want to be a waving bamboo tree, I want
to be an oak who stands against the wind." Zaman sekarang orang
ribut-ribut cari "financial freedom" - aku pikir jangan2 orang
seperti Gie yang benar-benar merdeka, bebas dari keterikatan akan
uang. Gie, Gie...Katanya: "Pertanyaan pertama yang harus kita jawab
adalah: Who am I? Saya telah menjawab bahwa saya adalah seorang
intelektual yang tidak mengejar kuasa tapi seorang yang ingin
mencanangkan kebenaran. Dan saya bersedia menghadapi ketidak-
populeran, karena ada suatu yang lebih besar: kebenaran."

Tapi orang yang tidak peduli seperti Gie adalah orang yang sangat
peduli. Suatu saat di jalan dia menemui seseorang yang sedang makan
kulit mangga untuk mengusir lapar. Sontak dia langsung memberikan
seluruh uang yang ada, Rp. 2,5 kepadanya. Lalu dia menulis, ""Ya,
dua kilometer dari pemakan kulit mangga, 'paduka' kita mungkin lagi
tertawa-tawa, makan-makan dengan istri-istrinya yang cantik-cantik.
Aku besertamu orang-orang malang."

Gie. Kepedulian yang selalu membuatnya gelisah. "I always be gelisah
and unable to live in peace" . Yang hidupnya diabadikan untuk
perjuangan rakyat, jelas adalah orang yang hidup dengan peduli. Kata
Gie,"Bagiku perjuangan harus tetap ada. Usaha penghapusan terhadap
kedegilan, terhadap pengkhianatan, terhadap segala-gala yang non
humanis..." Gie yang peduli akan cinta dan belas kasihan, "Bagiku
ada sesuatu yang paling berharga dan hakiki dalam kehidupan: dapat
mencintai, dapat iba hati, dapat merasai kedukaan."

Gie yang idealis dalam ketidakpeduliannya adalah seorang yang
realis. Sesaat sebelum dia berangkat untuk merayakan hari ulang
tahunnya di puncak Mahameru, dia bercakap-cakap dengan kakaknya
Arief Budiman, mengeluhkan untuk apa kegiatan kritik2nya, karena
tidak mengubah keadaan. Rakyat perlu perubahan keadaan, ujarnya.

Disanalah 16 Desember 1969, di puncak legendaris - Rumah Para Dewa -
Mahameru, Gie menghirup asap beracun dan menghembuskan nafas
terakhirnya. Seolah menggenapi ucapannya, ".… nasib terbaik adalah
tidak dilahirkan, yang kedua dilahirkan tapi mati muda, dan yang
tersial adalah umur tua. Rasa-rasanya memang begitu. Bahagialah
mereka yang mati muda."

Usia Gie mungkin pendek. Tapi jiwa dan semangatnya hidup terus.

Aku ingin seperti Gie. Yang bisa hidup bebas. Tidak peduli akan
repotnya dunia. Yang melihat cinta, saat dia melihat lampu2 kerucut
lalu lintas Jakarta.

Aku ingin seperti Gie. Hidup bebas.

Moderator      [EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED]
Administrator  [EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED]

Klik alamat sesuai maksud, kosongkan subject dan body.
posting    cyber-gki@yahoogroups.com
nonaktif   [EMAIL PROTECTED]
aktif lagi [EMAIL PROTECTED]
berhenti   [EMAIL PROTECTED]