Peduli Tak Peduli - Tentang Gie
Aku kagum pada jiwa Soe Hok Gie. Gie itu orang yang bebas dan bisa
memilih untuk tidak peduli. "Lebih baik diasingkan daripada menyerah
kepada kemunafikan." Jiwa Gie yang tidak peduli akan kekuasaan dan
kehormatan dan kekayaan, membuat dia bebas. Kepada teman-teman
mahasiswanya yang diangkat jadi anggota parlemen dia cuma mengirimi
mereka bedak dan pupur. "Supaya bisa berdandan cantik di depan
penguasa, " ujarnya.

Gie. Dia ngga peduli tuntutan masyarakat untuk jadi terhormat, kaya,
dan hidup enak. Satu kali ibunya mengeluh tentang kegiatan
kritik2nya: "Untuk apa cari musuh, tidak membuat uang." Gie cuma
bilang, "Mama tidak mengerti.."

Orang yang bisa tidak peduli, berlawanan dengan arus dunia yang
mendewakan uang, pangkat dan kehormatan, adalah orang yang bebas.
Dia bisa bebas menuruti kata hatinya walau jelas dia akan terasing.
Seperti pahatan di batu nisan Gie, "
"Nobody knows the trouble I see, Nobody knows my sorrow"

Mq: tepatnya gie adalah orang yang berani berjalan di jalan sepi....sendiri.

---------------------
Gie yang idealis dalam ketidakpeduliannya adalah seorang yang
realis. Sesaat sebelum dia berangkat untuk merayakan hari ulang
tahunnya di puncak Mahameru, dia bercakap-cakap dengan kakaknya
Arief Budiman, mengeluhkan untuk apa kegiatan kritik2nya, karena
tidak mengubah keadaan. Rakyat perlu perubahan keadaan, ujarnya.

Mq: seorang kenalan yang studi s3 di jerman dan lulus dengan nilai terbaik
(1) akhirnya memutuskan tidak mau kembali ke indonesia - meskipun ia ke
jerman atas beasiswa daad yang tentu mengharapkan tenaga dosen ini bisa
memberi kontribusi bagi pembangunan di Indonesia setelah selesai studi -
karena ia mendapat tawaran pekerjaan dengna gaji yang menggiurkan di jerman.
Pernah mengatakan alasannya mengapa ia tidak kembali ke Indonesia.
(kira-kira demikian) "apa sih yang mau kita perjuangkan di indonesia dengan
kondisi seperti sekarang ini? Kalaupun saya mau berbuat sesuatu yang baik
bagi Indonesia, tapi struktur dan kondisinya sudah sedemikian rusak. Nggak
usah terlalu idealis, realistis saja. Apapun yang kita lakukan tidak akan
mengubah apa-apa. Di sini saya bisa berbuat sesuatu...minimal buat masa
depan anak-anak saya"..........mendengar dalihnya, saya nggak tahu mesti
mengangguk-angguk atau menggeleng-geleng kepala.....
Henry:
Aku ingin seperti Gie. Yang bisa hidup bebas. Tidak peduli akan
repotnya dunia. Yang melihat cinta, saat dia melihat lampu2 kerucut
lalu lintas Jakarta.

Aku ingin seperti Gie. Hidup bebas.

Mq: jalan itu jalan sepi....beranikah engkau melintasi....sendiri?

Mungki