Pak Daniel, kadang saya juga heran sendiri, kok kita itu gampang sekali
latah ya....banyak orang gembar-gembor bahwa bhs mandarin itu penting krn di
masa depan cina akan menjadi raksasa ekonomi. Lalu bertepatan dengan itu
budaya cina bebas dipraktekkan di Indonesia. Maka kursus maupun pelajaran
bhs mandarin menjadi sangat popular di mana-mana. Orang berlomba-lomba untuk
belajar bahasa mandarin dan tidak lagi merasa malu untuk belajar bahasa
(yang oleh masyarakat jawa sering disebut dengan nada menghina) "singkek".

Cuma saya berpikir apa memang hal itu perlu. Apakah sekolah perlu menambahi
satu mata pelajaran yang belum tentu dibutuhkan oleh semua anak didiknya.
Lalu mengapa kalau bhs inggris ok ok aja? Jelas tidak dapat dipungkiri bhs
inggris adalah bahasa internasional. Ia dipakai di semua Negara di dunia. Ia
bukan hanya bahasa untuk komunikasi tetapi juga bahasa ilmu. Setiap orang
yang mau menuntut ilmu yang tinggi suka atau tidak mesti menguasai bahasa
inggris.

Kalaupun sekolah hendak mendongkrak pamornya dengan menambah mata pelajaran,
apakah tidak sebaiknya itu dimasukkan dalam mata pelajaran fakultatif saja.
Yang mau ikut ya ikut, yang nggak mau ya nggak usah. Atau diselang-seling
dnegan bahasa inggris. Dengan demikian beban anak tidak semakin berat.

Mungki