mungki:
> Trims buat mds yang telah memfwrd tulisan trisno yang membuat bulu
> kuduk saya merinding, ngeri sekali.

kalau kita lihat daftar kurikulum SMP
di http://www.puskur.or.id
disana hanya ada 10 standar kompetensi utk SMP dan MTs. kalau
saya lihat, daftar tsb lebih ringkas dari kurikulum SMP dahulu
dimana masih ada PKK, kewarganegaraan, geografi & kependudukan,
PSPB, PMP, sejarah dsb.

memang terlihat, bbrp "sekolah favorit" menjejalkan sedemikian
rupa aneka materi pendidikan [termasuk bahasa mandarin spt yg
ditulis pak daniel] dan tugas2 rumah scr "amat luar biasa".
-sekolah kristen yg saya tahu kok rasanya lebih ngawur dari
sekolah anaknya trisno. kalau betul yg dikeluhkan sekedar
jumlah pelajaran dan bukan tugas2 sekolah-

tulisan tsb saya kira memiliki point menarik, yi agar orang
tua tidak mudah percaya begitu saja pada proses pendidikan
di sekolah formal apalagi yg dianggap "favorit".

ada yg menarik di sekolah anak kami (SD katolik) yi mulai tahun ini,
tidak lagi ada penulisan ranking di setiap rapor siswa. ini
kebijaksanaan/keberanian yg hemat saya luar biasa.
selama ni ranking dan nilai cenderung mengaburkan tujuan2 pendidikan
pada anak.

berikut Standar Kompetensi SMP/MTs:
   1. Pendidikan Agama
          * Pendidikan Agama Islam
          * Pendidikan Agama Katolik
          * Pendidikan Agama Kristen
          * Pendidikan Agama Hindu
          * Pendidikan Agama Budha
   2. Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Sosial
   3. Bahasa & Sastra Indonesia
   4. Bahasa Inggris
   5. Matematika
   6. Pengetahuan Alam