Salam hangatlah Butet,
Hai Butet naburju (baik), aku telah lama kali
merindukanmu. Baru kali inilah aku menuliskan surat
padamu setelah kita ketemu beberapa waktu yang lalu.

Masih kuigat kata-katamu tentang kriteria cowok yang
engkau harapkan. Itu loh Butet, yang kubilang sama
kamu bahwa tanpa kamu sadari bahwa kamu tu
materialistis. kamu marah waktu itu, tetapi tidak lama
karena aku langsung membuat lelucon kesayanganmu.

Aku masih ingat, aku mengatakan bahwa kamu jangan
melihat cowok dari mobil. Jika mobil menjadi status
sosial maka kamu termasuk cewek matre.

Tadi pagi, aku mengikuti bedah editorial Metro tv yang
dipandu Prita Laura yang manis itu. Narasumbernya
bapak  Laurens yang menurutku memiliki struktur
berpikir yang hebat sekali.

Bedah editorial Media Indonesia menyoroti persediaan
BBM yang hanya 17 hari. Menteri Energi Sumberdaya
Mineral mengatakan pemerintah berusaha mengembalikan
persediaan BBM 22 hari agar stabil. Dan, pemerintah
menganjurkan agar kita hemat menggunakan BBM.

Nah, butet,  bukan aku tidak kritis kepada pemerintah.
saya sedang mempersiapkan artikel tentang "Payung
hukum hemat energi". Di situ saya kritik PLN yang
sesuka-sukanya.
Misalnya, jika rakyat terlambat bayar maka didenda.
Tetapi jika komputer, dan alat-alat elektronik rusak
karena lampu mati kadang hidup tak didenda PLN.

Sebelum kritikan itu saya sampaikan butet naburju,
saya mau katakan padamu agar hematlah menggunakan
energi. Tadi malam saja lampuku langsung kumatikan,
padahal aku bisa tidur jika lampu hidup.
Kupikir-pikir, inilah yang bisa kulakukan untuk bangsa
ini.

Butet, kuanjurkan padamu agar tak usah naik mobil
pribadi kemana-mana. Karena mobil pribadi menghabiskan
BBM yang tinggi, kemudian menambah macet. Macet yang
kamu buat menghabiskan BBM yang disekitarmu ditambah
polusi udara dan kebisingan. Jadi, lebih baik kamu
naik bus kota saja. Kelebihan naik bus kota, kamu bisa
berinteraksi dengan orang lain.

Saat kamu berinteraksi, maka kamu bisa menjadi garam
dan terang. Bagi-bagilah ilmu pengetahuan yang kamu
dapat waktu kuliah. Tidak hanya itu, kamu akan
mendapat inspirasi yang baru. Kalau itu kamu
laksanakan, maka kukenalkanlah kamu sama temanku yang
pintar dan taat akan Firman Tuhan itu.

Eh Butet, hampir lupa aku bah. Buatlah ke surat
pembaca dikoran-koran atau langsung SMS Presiden agar
dia tidak perlu pengawalan yang berlebihan. Pengawalan
yang berlebihan akan "boros energi".

Lihatlah, pejabat militer atau polisi lewat pakai
konvoi yang berlebihan sekali. Hal itu menimbulkan
kebisingan, boros BBM, boros tenaga kerja dan lain
sebagainya.

Apalagi, jika hanya istri pejabat pakai sirene segala.
Aku geleng-geleng kepala melihatnya. Aku melihat ada
kecenderungan gila hormat.

Itulah sebabnya butet, aku tak setuju pendeta pakai
mobil mewah karena alasan 'berkat Tuhan". Bukankah
negeri ini dilanda muntaber, gizi buruk, kurang gizi,
lumpuh layu, busung lapar hingga rakyat meninggal
tertimpa sampah di Ciamis?.

Makanya butet, belilah produk yang ramah lingkungan.
Butet, aku tidak asal bicara. Kamu lihat sendiri
kehidupanku. Sederhana tetapi tendangan kuat, apalagi
tendangan pojok.

Jadi Butet, sebagai pengikut Kristus, kita harus yang
pertama melakukan hemat energi. Tanyalah bang Mangapul
Sagala, pasti setuju jika hemat energi itu adalah
tindakan yang Alkitabiah.
Salam hangat butet naburju, nalagu(tidak ada bahasa
Indonesianya yang kuketahui bah).
Salam hangat,
Gurman