Pak Eka Pun Pulang....

28 Juni malam.
Malam itu saya bercakap2 dengan Pdt Ayub Yahya di pinggir Singapore
River. Saya sempat menanyakan keadaan Pak Eka dan bertanya kapan Pak
Eka kemungkinan check up ke Singapura. Ayub bilang, kondisinya
menurun.

28 Juni 22:13
Saya terima SMS dari kakak angkat saya yang jemaat BekTim. "Kondisi
kesehatan Pak Eka makin menurun..sudah tak sadar''

29 Juni 09:30 (waktu SG)
Saya terima telp dari kakak saya tsb, bahwa Pak Eka sudah pulang.
Kaget dan sedih dan mendengarnya. "Pukul 8.25 tadi dari Mitra
Keluarga,"ujarnya. Sinyal terputus-putus sedikit, karena saya sedang
ada di dalam taksi. "Tolong bilangin ke cyber". Saya mencoba mengirim
pesan singkat -judul saja- karena saya kirim dari dalam taksi dengan
PDA saya.

Rasanya saya tidak perlu menulis lagi tentang sejarah dan perjuangan
Pak Eka dalam tulisan ini. Semua sudah tahu rasanya. Karena karya dan
pemikiran Pak Eka nyata dan bersinar dan membentuk sejarah Indonesia.

Indonesia telah kehilangan salah seorang putera terbaiknya. Gereja
Indonesia juga kehilangan sosok panutan dan sumber nasehat. Seorang
yang welas asih, bijaksana dan patriotik.

Pertama kali saya bertemu Pak Eka, ketika mengundang beliau untuk
bicara di persekutuan kantor untuk acara Paskah. Tema yang diberikan,
"Yesus Sahabat Kita". Pak Eka berkomentar ketika memulai khotbahnya
bahwa tema yang diberikan seperti ngga nyambung dengan Paskah, tetapi
dengan lihay Pak Eka melakukan eksegesis dan bedah cerita dengan kasus
persahabatan Yesus dengan Tomas.

Terakhir bertemu saat saya ke Indonesia, saya mengucapkan terima kasih
atas kesediaan Pak Eka sempat memeriksa naskah buku pertama saya dan
memberikan masukan-masukan. Pak Eka berkhotbah dengan semangat. Itu
sekitar tahun lalu. Sama sekali tidak terlihat seperti ada kelemahan
fisik yang menggerogoti.

Kepulangan Pak Eka adalah kehilangan besar. Kehilangan besar bagi
bangsa, negara dan gereja Indonesia. Kehilangan seorang pemikir yang
kritis. Bapak yang welas asih. Kehilangan seorang sumber nasehat yang
bijaksana. Kehilangan seorang yang punya kepedulian yang tulus pada
wong cilik.

Indonesia benar-benar kehilangan.

Namun saya lega. Karena tahu disana Pak Eka bersuka dengan Kristus.

Singapura, 29 Juni 2005
(Henry Sujaya - co-founder Solidaritas Nusa Bangsa)