To:                     "'[EMAIL PROTECTED]'" <[EMAIL PROTECTED]>
From:                   Inge Mangala <[EMAIL PROTECTED]>
Date sent:              Wed, 19 Jul 2000 17:34:20 +0700
Subject:                RE: [proletar] Solusi Kekisruhan di Proletar- boeat : JUSFIQ

> Loh...di lingkungan saya emang belum lumrah koq....meskipun musti
> diterima sebagai kenyataan, tetapi tetep aja belum lumrah. Terus terang
> aja saya belum menerima gay/lesbian sebagai a'a normal relationship'
> meskipun saya menghormati their choice. Saya ngga pernah maksa mereka
> untuk menjadi normal...dan emang ngga bisa kan???..,,, tapi mereka juga
> belum bisa mengubah mind set saya bahwa homosexuality itu 'belum'
> normal.

    Homoseksualitas itu hingga belum lama ini dianggap sebagai
    kejahatan atau penyakit diberbagai lingkungan.

    Paus saja masih menganggap homoseksual itu sebagia orang sakit.

    Dan bukan hanya dilingkuangna penganut agama semitik, tapi juga
    di Tiongkok misalnya (ada film bagus beberapa tahun yang lalu
    tentang penyanyi Opera Peking yang homoseksual, dan
    menyembunyikannya).

    Hitler juga.

    Karena itulah, karena mereka dianggap sakit - maka homoseksual
    itu terbiasa dimana-mana menyembunyikan dan menekan tendensi
    homoseksualitas mereka.

    Sejak tahun delapan puluhan di Eropa dan Amerika ada gerakan
    untuk mengubah sikap masyarakat  yang diskriminatif (jadi
    repressif) terhadap homoseksualitas ini.

    Sekarang diberbagai negara di Eropa (saya kira juga di Amerika
    Utara) tidak ada lagi diskriminasi orang untuk kawin (yang mau
    kawin): jadi ada pasangan laki-laki dengan perempuan, pasangan
    perempuan dengan perempuan dan pasangan laki-laki dengan
    laki-laki.

    Dan mereka hidup seperti pasangan.

    Indah bukan?

    Di Indonesia, Oetomo (Surabaya) misalnya juga berusaha untuk
    memulai usaha buat mengubah sikap repressif masyarakt
    terhadap homoseksualitas itu.

    Saya - secara ideologis - dibesarkan di Eropa disaat perempuan
    menuntut haknya untuk dianggap sebagai manusia ( ajaran katolik
    di Perancis doeloe misalnya mengaggap salah perempuan yang merasa
    ngentot itu enak, karena ngentot itu, menurut ajaran katolik
    ketika itu hanya untuk bikin keturunan dn bukanuntuk dinikmati)
    dan homoseksual untuk diangap sebagai manusia juga.

    Saya dibesarkan oleh ideologi yang merasa senang bila ada orang
    senang dan ikut merasa tidak senang bila ada orang yang menjadi
    korban diskriminasi jadiamat awas  akan sikap diskriminatif yang
    (telah) tidak disadari.