To:                     <[EMAIL PROTECTED]>
From:                   "Tonny Mathovani S." <[EMAIL PROTECTED]>
Date sent:              Thu, 10 Aug 2000 08:01:52 +0700
Subject:                [proletar] Re: (2)  (Jusfiq) Forwardan A Fauzi - kok diam saja?

> Bila memang demikian, dan Pater Beek memang mendukung pembantaian, maka
> biadablah si Beek itu.
>
> Sejujurnya aku nggak tahu masalah Pater Beek itu.
>
> Yang aku sempat tahu ialah Banser NU yang membantai jutaan orang yang
> komunis atau diduga komunis, pada masa itu.

    Dari tulisan Muh.Natsir (demokrat Islam  yang kemudian menjadi
    fundementalis cabo raja Saudi Arabia) disalah satu buku yang
    dikeluakan oleh Petisi 50 tentang referendum, saya menarik
    kesimpulan bahwa di Jawa Tengah yang ikut membunuh membantu
    serdadu adalah Muhammaddiyah.

    Dari seorang pastor orang Belanda - dan orang ini bukan tukang
    bohong - saya dengar bawa nasi bungkus yang dibagi-bagikan kepada
    demonstrant tahun1965-1966 dimasak di susteran dan berasnya dari
    tentara.

    Dan semua orang di Indonesia juga sudah tahu ketika itu - kalu
    saya yang di Paris saja tahu - bahwa tentara telah mulai
    membunuhi orang-orang PKI dan apa yang dilakukan oleh pengurus
    susteran di Jakarta tidak mungkin TIDAK diketahui oleh hierarki.

    Orang Nasrani Indonesia tidak bisa terus-terusan menyembunyikan
    lembaran hitam di sejarah mereka, mereka kudu melakukan examen
    de conscience, meneliti kemblai hati nurani mereka dan, seperti
    juga gereja Argentina terhadap rezim militer danseperti Vatikan
    terhadap orang Yahudi, mereka kudu mengakui kesalahan mereka itu
    agar kesalahan itu tidak terulang dimasa depan.