amekosant wrote,

a> Anak saya berusia 23 tahun,laki-laki, belum menikah. Waktu ini bekerja
a> di Jakarta dan tinggal serumah (tidak sekamar) dengan saudara sepupu
a> (laki-laki) yang menderita hepatitis B. Kondisi ini menyebabkan mereka
a> sering makan bareng dsb.nya. Kami sebagai awam mempunyai rasa kuatir
a> jangan-jangan bisa tertular tetapi sungkan untuk bersikap karena
a> kedekatan. Saya ingin dibantu bagaimana upaya anka kami supaya bisa
a> tetap tinggal serumah tetapi aman. Terima kasih atas bantuannya.

pertama tama anda harus pergi ke laboratorium terdekat, periksa apakah
di dalam darah anda mengandung, HBsAg dan anti HBV, bila HBsAg positif
maka anda harus segera ke dokter internis, kalo HBsAg negatif
sedangkan anti HBV positif, anda sudah mempunyai kekebalan alami
terhadap virus itu, anda nggak perlu vaksinasi...tetapi bila keduanya
negatif, anda harus segera vaksinasi hepatitis b...
--
I Made Cock Wirawan

my personal blog : http://dekock.blogspot.com/