Saya juga bukan dokter, tetapi kebetulan pernah donor.
Waktu mau donor nanti akan dites juga, darahnya
diteteskan ke larutan yg bisa menandai kita Kurang
Darah atau tidak. Klo KD ya tidak jadi diambil
darahnya.

Trus waktu mau donor, juga dianjurkan tidak tidur
terlalu larut, tidak sedang sakit, tidak mengkonsumsi
alkohol, dll. (untuk wanita lebih panjang lagi daftar
pertanyaannya).

Jadi menurut saya, coba aja dites dulu, karena klo tak
memungkinkan diambil darahnya, juga nggak bakal
diambil, kok. Tetapi klo bisa kan bisa "memberi nyawa"
bagi orang lain.

Saya juga baru donor sekali, trus belum pernah donor
lagi beberapa bulan, karena bulan puasa, lalu habis
itu sakit flu. Sejauh ini, tidak ada efek yg saya rasa
berkaitan dg darah. Pinginnya nantinya rutin donor,
saat memungkinkan, soalnya mesin pembuat darah buatan
Tuhan ini susah dan mahal banget ditiru darah buatan,
padahal sangat berarti bagi orang yang memerlukan.