Bisa ada hubungan, bisa juga tidak.
Biasanya dalam medis, bila ada keluhan2 pada sistem organ yang berbeda, maka
kita mencari kemungkinan adanya suatu penyakit yang mendasari, sebagai satu
kesatuan penyakit.
Namun bisa juga tidak.
Agar lebih komprehensif, berobatnya ke Internist ya.

salam,

Salam.

Ibu saya usia 48 tahun, sering mengalami nyeri pada perutnya dan
biasanya sering membesar seperti kembung dan kemarin ibu saya merasa
nyeri pada lehernya dan terlihat membengkak.. saya sudah membawa ibu
untuk berobat dan disuruhnya periksa ke lab untuk periksa tiroid. yang
ingin saya tanyakan
- apakah ada kaitannya penyakit di perut ibu saya dengan pembengkakan
pada lehernya?
-jika ada, apa yang harus ibu saya lakukan selain periksa kembali ke
dokter?
- jenis makanan apa saja yang tidak harus di konsumsi?agar sakitnya
tidak sering kambuh?

Terima kasih dokter. jawaban dokter akan sangat membantu ibu saya.