Sebaiknya di periksa dulu ke dokter kulit. Bisa juga itu adalah
Vitiligo.

Vitiligo merupakan kelainan pada lapisan kulit epiedermis berupa
tidak terbentuknya pigmen pada kulit. Ini disebabkan terhentinya
produksi melanin oleh sel melanosit. Dengan terhentinya produksi
pigmen oleh sel melanosit ini, maka pembentukan warna kulit
terganggu bahkan sama sekali bisa terterhenti. Akibatnya muncul
bercak-bercak putih pada kulit.

Apakah ada keluarga dari si bayi yang juga pernah mengalami hal yang
sama ?

Salam

Anton Goland

--- In dokter_umum@yahoogroups.com, Hati Setia <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Dokter yang terhormat..
> Bayi saya berusia 10 bulan pada tanggal 4 mendatang. Pada awalnya
saya melihat bercak-bercak putih secara samar di atas kedua alisnya
sampai kepinggir alisnya, namun lama-lama bercak tersebut menjadi
semakin terang dan terlihat seperti panu. Saya menyangka itu panu,
tetapi keluarga kami tidak ada yang mengidap panu.

> Sayapun bertanya pada teman dan kerabat, mereka pun bilang itu
bukan panu, mereka juga bilang tidak mungkin anak bayi terkena panu.

> Lalu saya pun jadi bingung, bercak putih itu apa? Terkadang saya
juga berpikir mau dikasih salep, tapi salep apa.. dan saya juga
takut bakal merusak kulit anak saya, mengingat bercak tersebut
berada diatas kedua alisnya.

> Mohon bantuan dari dokter.. Apa bercak putih di atas kedua alis
anak saya tersebut, penyakit kah? Kalau harus diobati, apa obat yang
aman bagi anak saya?