Terimakasih banyak atas penjelasan bapak Anton.

salam.

--- On Fri, 12/12/08, Amani Goland <goland_m...@yahoo.com> wrote:
From: Amani Goland <goland_m...@yahoo.com>
Subject: [Dokter Umum] Re: Bercak-bercak putih seperti panu di bayi
To: dokter_umum@yahoogroups.com
Date: Friday, December 12, 2008, 5:57 AM

            Ciri ciri Vetiligo/vitiligo itu mirip seperti yang terjadi pada
anak

ibu. bercak putih tersebut tidak bersisik dan terlihat seperti panu

tapi tidak gatal

Pada umumnya vitiligo ini terjadi pada anak usia 10 keatas, jarang

terjadi pada bayi. tetapi di medicine.com, dilaporkan ada juga yang

terjadi pada bayi dan anak diusia dibawah 10 tahun, bahkan ada yang

sudah kena dari usia 7 bulan.

Belum jelas memang mengenai penyakit ini, tetapi ada yang

menyebutkan 30% dipengaruhi oleh keturunan. di Mayo juga menyebutkan

salah satu penyebabnya adalah keturunan.

Disamping itu bisa juga karena adanya gangguan imunitas

tubuh atau secara autoimun dari dalam tubuh penderitanya sendiri

dimana sel-sel pigmen tersebut dihancurkan sendiri oleh tubuhnya.

Bercak putih tersebut bisa menyebar, tapi ada juga yang tidak. Hanya

kalau sudah menyebar kebagian bagian tubuh yang lain. maka vitiligo

ini akan semakin stabil dan akan semakin sulit disembuhkan.

Tetapi perlu diketahui bahwa sesungguhnya vitiligo ini bukan

penyakit, karena kulit yang terkena vitiligo tetap saja berfungsi

secara sempurna. hanya saja efek psikologisnya yang memang perlu

dijaga, karena bisa membuat si anak menjadi minder nantinya.

Jika memang disana tidak ada dokter kulit/dermatologist , coba

observasi dulu, dan perhatikan apakah ada penyebaran ke tempat lain,

dan perhatikan warna rambutnya apakah juga ikut berubah menjadi

putih. Jika ini terjadi maka kemungkina besar anak ibu telah terkena

vitiligo, tetapi untuk memastikannya segera hubungi dokter kulit

nanti akan dilakukan pemeriksaan yang lebih mendalam.

Ada juga jenis vitiligo fisiologis, kalau yang ini maka bercak

bercak putih tersebut tidak akan menyebar dan akan hilang dengan

sendirinya. mudah mudahan anak ibu masuk jenis yang ini

Salam

Anton Goland

--- In dokter_umum@ yahoogroups. com, Hati Setia <setia.hati@ ...>

wrote:

> terimakasih atas tanggapan bapak Anton..

> Di keluarga saya maupun suami saya tidak ada yang mengidap

vetiligo.

> Saya pernah periksakan ke dokter umum dan katanya itu ada

kemungkinan karena keringat atau alergi makanan. Untuk berobat ke

dokter kulit, saya agak sulit, karena tempat tinggal yang jauh dari

kota.

> oh ya.. mohon penjelasan bagaimana bentuk vetiligo itu? dan apakah

Vetiligo itu bisa menyebar ke seluruh kulit? lalu bagaimana

pengobatan vetiligo itu? Apa akibat dari vetiligo ini terhadap

kesehatan bayi?

> Terimakasih sebelumnya.

> Salam

itu adalah

> Vitiligo.

> Vitiligo merupakan kelainan pada lapisan kulit epiedermis berupa

> tidak terbentuknya pigmen pada kulit. Ini disebabkan terhentinya

> produksi melanin oleh sel melanosit. Dengan terhentinya produksi

> pigmen oleh sel melanosit ini, maka pembentukan warna kulit

> terganggu bahkan sama sekali bisa terterhenti. Akibatnya muncul

> bercak-bercak putih pada kulit.

> Apakah ada keluarga dari si bayi yang juga pernah mengalami hal

yang

> sama ?

> Salam

> Anton Goland

> --- In dokter_umum@ yahoogroups. com, Hati Setia <setia.hati@ ...>

awalnya

> saya melihat bercak-bercak putih secara samar di atas kedua

alisnya

> sampai kepinggir alisnya, namun lama-lama bercak tersebut menjadi

> semakin terang dan terlihat seperti panu. Saya menyangka itu panu,

> tetapi keluarga kami tidak ada yang mengidap panu.

> bukan panu, mereka juga bilang tidak mungkin anak bayi terkena

panu.

> juga berpikir mau dikasih salep, tapi salep apa.. dan saya juga

> takut bakal merusak kulit anak saya, mengingat bercak tersebut

> berada diatas kedua alisnya.

> anak saya tersebut, penyakit kah? Kalau harus diobati, apa obat

yang